Volkswagen Touareg Punya Fitur Night Vision

Kemampuan melihat (visibilitas) memang jadi pekerjaan utama saat mengemudi, utamanya malam hari. Tapi Volkswagen Touareg meringankan kerja pengemudi. Pasalnya, VW membekali Touareg dengan sistem Night Vision canggih yang membantu penglihatan pengemudi saat malam jadi lebih baik. Dilansir dari situs Paultan, VW Touareg terbaru sedang dikampanyekan dan fitur unggulannya, sistem Night Vision.

VW Touareg dengan night vision memiliki kamera dengan sensor termal. Sistem ini memanfaatkan inframerah, dipasang di bagian depan mobil. Menurut Volkswagen, kamera itu dapat menangkap obyek sampai 130 meter yang ada di depan. Dengan sensor termal, bisa mendeteksi makhluk hidup seperti orang dan binatang pada layar yang menampilkan tangkapan kamera. Sistem mendeteksi apakah obyek hidup itu hendak memasuki area atau jalur yang dilintasi mobil. Kalau diprediksi, misalnya, orang bakal menyeberang, layar menampilkan gambar hitam putih dengan obyek berwarna kuning yang kemudian menjadi merah, tergantug potensi bahaya yang dideteksi.

mobil VW Touareg
Mobil VW Touareg

Menariknya lagi, layar itu berada di panel instrumen, sehingga lebih mudah dilihat pengemudi tanpa perlu banyak teralihkan konsentrasinya. Tangkapan kamera menyala saat sistem bekerja dan mendeteksi ada risiko bahaya dan kecepatan mobil di atas 50 km/jam. Kalau mobil melaju di bawah kecepatan itu, sistem tetap bisa bekerja tapi tidak menampilkan tangkapan kamera. Hanya memberikan sinyal indikator berwarna merah pada panel instrumen. Itu dilakukan sistem bersama dengan peringatan suara dan aktifnya sistem pengereman dengan deselerasi paling bagus sebagai persiapan terjadinya rem mendadak.

VW Touareg terbaru, juga dilengkapi lampu depan utama LED matrix yang otomatis memberi dim pada obyek, khususnya orang, yang terdeteksi oleh sensor. Fungsi ini aktif saat mobil melaju lebih dari 60 km/jam dan hanya berlaku untuk area pinggiran kota yang kondisinya minim cahaya penerangan jalan. Lampu yang ‘ditembak’ berupa kelip kecil agar tidak membuat silau orang.

Jantung mekanis yang ditawarkan untuk VW Touareg terbaru, ada mesin turbodiesel dengan pilihan daya 231 PS dan 286 PS. Sedang mesin bensin V6 punya tenaga 340 PS dan mesin turbodiesel V8 menyemburkan daya 421 PS. Model lain, plug-in hybrid diperkirakan menyusul dengan power 367 PS. Penggunaan mesin hybird dimungkinkan karena VW Touareg baru memakai arsitektur yang sama dengan sejumlah mobil lain seperti Audi Q7, Porsche Cayenne dan Bentley Bentayga, yakni platform MLB Evo kepunyaan Volkswagen Group.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *