Mengetahui Tahun Dan Kelayakan Pakai Ban

Cara Lihat Tahun Ban

Tahun dan kelayakan pakai ban– Tahukah pecinta otomotif  bahwa ban mobil meskipun masih baru dibeli akan tetapi tidak menjamin ban itu baru keluar dari pabrik? mengapa, karena bisa jadi ban tersebut sudah lama di bengkel/ toko ban. Ban yang layak dipakai adalah tak lebih dari 3 tahun sejal diproduksi atau idealnya kurang dari 2 tahun, artinya ban mobil yang lebih dari 3 tahun berada di toko ban sudah tidak layak dipakai dan rugi jika anda membelinya.
Ban mobil bahan utamanya adalah karet yang mana karet rentan getas/ kehilangan daya kelenturannya seiring dengan waktu, ban mobil yang terlalu lama di toko misalnya lebih dari 2 tahun (misalnya 3-5 tahun) maka ban akan mengeras sehingga daya arbsorbsi/ daya serap terhadap benturan menjadi berkurang, daya cengkram ke aspal juga berkurang sehingga ban tidak lagi dalam performa maksimalnya.

Nah kali ini akan mengupas bagaimana mengetahui kapan ban tersebut di produksi! Tiap ban mobil pada bagian dinding ban tertera kode-kode yang mengisyaratkan sepsifikasi ban mulai kode kecepatan maksimum yang bisa dicapai ban, kode kemampuan membawa beban, tipe dan peruntukan ban sampai tanggal produksi ban.

Kelayakan Pakai Ban
Kelayakan Pakai Ban

Kode Tahun pembuatan Ban atau tanggal produksi ban tertulis pada dinding ban dalam 4 digit angka (misalnya 4210) yang bisa diartikan bahwa 2 digit pertama adalah minggu dan dua digit terakhir adalah tahun, ambil conton kode ban adalah 4210 maka bisa diartikan ban tersebut diproduksi pada minggu ke 22 tahun 2012 yakni sekitar pertengahan bulan Oktober 2012. Perhatikan tanggal saat pecinta otomotif membeli ban, jika sekarang misalnya awal tahun 2016 maka lihat kode pembuatan ban jangan sampai membeli ban dengan kode tahun pembuatan lebih tua dari 2013, jika tahun pembuatan 2015 itu artinya ban masih layak pakai dan masih bagus.

Ciri – Ciri Ban Harus Diganti

Pertanyaan yang serig di lontarkan  yang sobat yang baru memiliki mobil adalah kapan saatnya mengganti ban? Berapa umur pakai ban yang ideal? Apa ciri-ciri ban yang sudah harus di ganti?.

Kami juga termasuk yang sering menanyakan hal-hal tersebut saat baru memiliki mobil, karena ke-khawatiran akan keselamatan selama berkendara. Mengingat ban adalah komponen yang berhubungan langsung dengan jalan. Berikut kami sarikan dari berbagai  sumber, ciri – ciri ban yang sudah harus di ganti :

  • Umur Ban Sudah 3 Tahun

Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet akan semakin  berkurang ke-elastisannya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Usia yang ideal dari ban adalah 3 tahun, jadi sebaiknya  setelah usia pakai setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil sobat, walau kembangannya masih tebal karena mobil jarang di pakai atau digunakan. Jika lebih dari 3 tahun , hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kennyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

Ada dua ketidaknyamanan akibat ban yang sudah mengeras, yaitu getaran yang terasa keras pada mobil walau jalan sebenarnya tidak keriting – keriting amat , apalagi jika melalu jalan yang jelek atau berlubang , akan terasa hentakan – hentakan seolah-olah ban kita bukan terbuat dari karet.

  • Jarak Tempuh Sudah 40.000 km

Walau belum sampai 3 tahu usia pakai, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu kilometer. Misalnya karena mobil sobat sering menempuh perjalanan jauh sehingga dalam 2 tahun sudah mencapai 50 ribu km. Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan, Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

Kelayakan Pakai Ban
Kelayakan Pakai Ban
  • Ketebalan Tapak Ban Mencapai Batas TWI

Setiap ban di beri indikasi TWI yang merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator. Tanda tersebut merupakan batas keausan ban yang di izinkan untuk tetap di pakai, jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti.

Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Untuk yang di tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang ditengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban.

Jika salah satu tanda tersebut dicapai, artinya itu sudah saatnya sobat mengganti ban mobil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =