SUZUKI WAGON R BUATAN JEPANG SELALU TAMPIL LEBIH STYLISH

KEICAR YANG STYLISH
 
Di Indonesia mobil ini lebih dikenal sebagai LCGC (Low Cost Green Car), namun di Jepang WagonR selalu tampil lebih stylish. Suzuki hendak menunjukkan bagaimana sebuah Kei Car kotak berukuran mikro pun bisa tampil gaya dan keren. Sama seperti generasi keenam Suzuki WagonR ini yang baru diluncurkan di Jepang.
Dibuat di atas platform “HEARTECT” baru yang lebih ringan dan rigid tentunya, Suzuki WagonR baru ini mengandalkan suspensi yang juga menyatu sebagai bagian dari mobil untuk memperbaiki segi performa dan menurunkan bobot mobil secara keseluruhan.
Jika dibandingkan dengan Suzuki Karimun WagonR yang dijual di Indonesia, WagonR generasi keenam di Jepang ini memiliki dimensi yang lebih pendek dengan panjang 3.395 mm, lebar sama 1.475 mm dan tinggi lebih pendek 1.650 mm.
Sealin itu, sekarang Suzuki WagonR tersedia selain dalam 3 varian berbeda di luar Stingray. FA jadi varian paling standar, Hybrid FX di atasnya dengan tampilan eksterior mirip FA  dengan tambahan ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai Lithium Ion untuk memberi fungsi mild hybrid.
Terakhir, WagonR varian Hybrid FZ dengan fascia depan yang memiliki desain dual headlights bertingkat, sehingga terlihat paling keren dari depan. Seperti melihat Toyota Vellfire mini dari WagonR Hybrid FZ ini ya?
Untuk mesin, berbeda dengan yang di India dan Indonesia yang mengandalkan mesin 1.000 cc, Suzuki WagonR di Jepang ini dibekali mesin berkode R06A berkapasitas 0,6 liter atau 600 cc dengan konfigurasi 3 silinder segaris.
Tenaga yang dihasilkan 51 hp dan torsinya 60 Nm, sedangkan varian yang membawa nama “Hybrid” di depan akan mendapatkan keuntungan mild hybrid dari motor listrik WA05A bertenaga 3 dk dengan torsi instan 100 Nm. Varian flagship pun mendapat mesin R06A berturbo yang bisa menghasilkan tenaga 63 dk dan torsi 98 Nm.
Bila generasi anyar WagonR ini masuk ke Indonesia pasti adalah fiturnya seperti smart key untuk passive keyless entry dan tombol start/stop engineheated seats, lampu depan LED, spion lipat elektrik, automatic climate control, hingga head unit layar sentuh dengan Apple CarPlay dan Android Auto.
Suzuki WagonR anyar mulai dijual di Jepang dengan harga Rp 127 jutaan untuk varian FA 2WD CVT, sedangkan varian tertinggi Hybrid FZ 4WD CVT dibanderol Rp 180 jutaan. Kalau masuk ke Indonesia kira-kira bisa berapa ya harganya?
unnamed (1) unnamed unnamed

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan