Dijual, Land Rover Defender Bekas James Bond

James Bond memang fenomenal melegenda. Selain spionase, aksi heroik dan wanita, Bond juga dikenal dengan mobilnya yang canggih dan unik. Tapi, jarang sekali mobil bekas James Bond yang dijual. Karena banyak kolektor yang mengincarnya. Nah, ada satu mobil Bond yang kini dijual. Land Rover Defender SVX 2014 yang digunakan dalam film Spectre.

Dilansir dari situs Motor1, Defender SVX itu bukan cuma bekas main film Bond. Tapi termasuk mobil edisi terbatas di dunia nyata yang cuma ada 10 unit di dunia. Bayangkan, satu dari sepuluh unit, apalagi bekas James Bond. Kalau berhasil memilik, bolehlah berbangga dan pamer ke semua orang. Land Rover Defender SVX itu memakai basis Defender model 110 crew-cab, kemudian dimodifikasi khusus oleh manufaktur dan di-upgrade langsung oleh SVO (Special Vehicle Operation) Jaguar Land Rover dan rumah modifikasi Bowler.

Termasuk dalam modifikasinya pelek ekstrabesar, 37 inci yang dibalut ban segala medan (all terrain). Berkat itu, ia mendapat julukan Bigfoot. Bagian suspensi disetting racing oleh Bowler, dengan menggabungkan joint Rose dan peredam reli Bilstein. Sementara jantung mekanis ditingkatkan tenaganya dari Defender standar, yang sebelumnya 120 hp menjadi 185 hp. Kabin interior dipermewah jok Recaro dengan sabuk keselamatan empat titik dan sudah terpasang roll cage. Meski mobil itu untuk digunakan dalam adegan film, modifikasi yang diberikan sangat serius dan mantap digunakan di dunia nyata.

Bahkan berbeda dibanding unit kebanyakan dari total 10 unit itu, mobil bekas James Bond bukan yang dipakai untuk keperluan marketing. Melainkan benar-benar mobil stunt atau yang dipakai beraksi di dalam film. Buktinya, bisa dilihat dari tanda pada kap mesin dan fungsi rem tangan hidrolik, karena bagian itu yang signifikan digunakan di sejumlah adegan film Spectre. Pemilik sebelumnya sengaja memilih mobil itu karena nilai historisnya. Beruntung kondisinya masih sangat bagus.

Dengan nilai sebagai bekas mobil James Bond dan edisi spesial terbatas, Land Rover Defender SVX itu dibanderol seharga £220,000-£250,000 atau jika dikonversi ke IDR sekitar Rp 3,6 – 4 miliar. Tergolong murah. Kabarnya, Defender itu bakal dijual Bonhams pada ajang Goodwood Festival of Speed di Inggris bulan ini.

Sebagai tambahan, film-film James Bond memang selalu menampilkan mobil-mobil papan atas. Sejumlah mobil bond menjadi ikonik, seperti Aston Martin. Kemunculan Defender pada Spectre tak sendirian. Ia ditemani saudaranya, Range Rover dan Jaguar C-X75.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *