Volvo S60 2019 Meluncur Untuk Tandingi Pasukan Jerman

Setelah meluncurkan V60 station wagon, Volvo Cars rilis versi sedannya, S60. Memasuki generasi ketiga, mobil yang sempat beredar juga di Indonesia ini, diperkenalkan sebagai sedan canggih nan pintar. Basisnya sudah berasal dari era produk Volvo terkini, yang memakai platform Scalable Product Architecture (SPA). Tidak hanya dapur pacu yang kencang dan efisien, Volvo turut berinovasi dalam mengembangkan fitur keselamatan dan keamanan semakin maju. Bagian spesialnya, S60 menjadi model Volvo pertama yang dirakit di Amerika Serikat. Tepatnya di pabrik Charleston, South Carolina.

Pabrik Charleston baru saja diresmikan bersamaan peluncuran S60 dan langsung beroperasi. Kombinasi ini ingin membuktikan, komitmen kuat Volvo untuk pasar AS. Pangsa pasar yang besar bagi segmen sedan sport premium, karena itu dianggap penting oleh pabrikan Swedia ini. Lawan-lawan yang tepat untuk dihadapi ialah BMW 3-Seriies, Mercedes-Benz C-Class, Audi A4 dan brand asal Amerika sendiri.

Tidak hanya cerdas, all-new S60 dianugerahi penampilan memukau. Menganut bahasa desain serupa dengan S90, XC90 maupun XC60, banyak memberi kesan modern dalam kesederhanaan desain Volvo yang terbilang konservatif. Paling mudah dikenali dari headlamp LED dengan pola membentuk palu godam milik Thor. Memang mirip S90, tapi terlihat lebih ramping dan kompak. Konsep desain minimalis tanpa banyak lekukan dan garis tegas. Garisnya tampak mengalir dan membuat desain S60 mudah dicerna.

Di dalam, interior dilapisi kulit mewah yang diselingi aksen metal di beberapa panel. Tepat di tengah, terpampang monitor besar sebagai pusat kontrol berbagai fungsi dan fitur. Sebut saja climate control 4-way, pengaturan jok dan lumbar support, serta sistem infotainment Sensus Connect. Termasuk dalam sistem konektivitas, S60 dilengkapi jaringan 4G LTE dan GPS. Sebagai tambahan, tersedia koneksi dengan smartphone Apple atau Android melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

S60 tersedia dalam 2 pilihan mesin: bensin turbocharged dan plug-in hybrid plus super-turbocharged. Tidak ada diesel, berarti Volvo pertama tanpa ditawarkan mesin tanpa busi. Sinyal kuat, pabrikan serius mengembangkan teknologi elektrifikasi untuk jangka panjang. Karena di 2017 lalu, Volvo mengumumkan strategi untuk model listrik sepenuhnya mulai 2019.

Untuk trim entry level Volvo S60 T5 dan T6, menggendong mesin 4-silinder turbo serupa dengan tenaga 250 hp dan 316 hp. S60 generasi terdahulu mengandalkan penggerak roda depan (FWD). Kini, beralih ke All-Wheel Drive (AWD) seluruhnya. Untuk trim atas T6 dan T8 Twin Engine, merupakan plug-in hybrid dengan tenaga sebesar 340 hp dan 400 hp. Mesin T8 adalah pengembangan paling mutakhir dari Volvo yang mendapat banyak penghargaan. Ada tambahan supercharger selain turbocharger untuk mendongkrak daya mesin.

Versi Polestar amat patut ditunggu sebagai alternatif BMW M atau Mercedes-rostock . Pakai mesin twin-engine dan peningkatan dari sisi pengereman, suspensi hingga ban, demi mendapat sensasi sport yang makin menyenangkan.

 Fitur keselamatan tentu menjadi prioritas terbesar dari Volvo. S60 2019 dilengkapi beragam fitur pintar seperti lane mitigation, automatic emergency braking, run-off-road mitigation, steering assistance systems dan rear cross traffic alert. Ada juga Pilot Assist System yang bekerja layaknya sistem kemudi semi-autonomous.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *