Tren Mobil Listri Menanjak, Hyundai Indonesia Tak Mau Ketinggalan!

Kabar positif datang dari salah satu produsen mobil raksasa asal Korea Selatan, Hyundai. Meresponi insentif dan dorongan dari kementerian Perindustrian, Hyundai Motor Corporation (HMC) berencana untuk membuka pabriknya di Indonesia. Bahkan, pabrikan yang nama brand-nya sudah mendunia ini, telah menyatakan bahwa mereka tak akan main-main dalam menyediakan dana investasinya. Kocek sebesar 880 juta dollar Amerika Serikat siap dirogoh untuk memproduksi kendaraan listrik di Tanah Air.

Sebagaimana dilansir oleh harian internasional, Reuters.com, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto, dikatakan bahwa pabrik Hyundai yang berafiliasi dengan Kia Motors telah menetapkan target untuk memproduksi 250.000 unit mobil per tahun. Angka tersebut sudah mencakup jumlah unit dari mobil listrik, walaupun tidak dijabarkan detil jumlah pastinya.

Pertimbangan memilih Indonesia adalah karena kandungan mineral dalam negeri dinilai memiliki potensi yang besar. Cadangan biji nikel laterit tersedia cukup banyak di Indonesia. Bahan dasar ini sangat penting untuk memproduksi komponen-komponen yang diperlukan oleh baterai lithium, salah satu bagian terpenting dari keberadaan sebuah mobil listrik.

Pihak Hyundai juga menyatakan bahwa produk yang akan dihasilkan oleh pabrik Indonesia ini, 53 persennya akan diperuntukan bagi pasar ekspor. Sementara itu, sisanya yang sebesar 47 persen akan disirkulasikan untuk pasar dalam negeri. Hal tersebut telah dipastikan oleh Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia, Hendrik Wiradjaja. Sebab, pihak prinsipal sendiri sudah bertemu secara langsung dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Saat ini, pengumuman resmi dari HMC masih menantikan kepastian negosiasi lahan untuk pembangunan pabrik. Area jawa Barat masih menjadi opsi utama, dan bila negosiasi menemukan titik temu yang saling menguntungkan, maka proses pembangunan pabrik akan otomatis dimulai pada tahun 2019 ini.

Beberapa hal positif tentu akan didapat oleh masyarakat dalam negeri. Selain harga mobil akan lebih murah (sebab diproduksi di dalam negeri sendiri), lapangan pekerjaan yang luas juga akan terbuka.

Geliat ekonomi bagi masyarakat akan meningkat, dan tentu ini akan mendorong kekuatan daya beli. Di lain pihak, dengan penurunan harga bahan baku karena berasal dari negeri sendiri, pihak produsen dapat mengalihkan kelebihan biaya produksi untuk memberikan tambahan fitur bagi konsumen.

Demikian ulasan informasi yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber nasional dan internasional. Terus ikuti ulasan dan berita terbaru dari kami melalui situs dan instagram @tkbgroupindonesia. Jangan lupa juga untuk melihat-lihat produk-produk terbaru dari HSR Wheel dan ban Accelera, beserta promo yang ada!

Salam, TKB Group Indonesia.

 

TKB Group Indonesia

TKB GROUP INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *