Toyota Luncurkan Pesaing Rolls Royce Generasi Terbaru, Toyota Century

Toyota Century, sungguh nama yang asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, Jumat (22 juni), generasi terbaru mobil ini, meluncur di Jepang. Ya, faktanya Century yang kita lihat adalah siklus ketiga sejak pertama dikenalkan 1967 lalu.

Namanya memang tak populer, karena dibuatnya pun selalu terbatas. Termasuk untuk generasi teranyar, jatah peredarannya hanya 50 unit perbulan. Itupun hanya di Jepang saja. Menurut situs resmi Toyota Global, harga termasuk pajak sekitar 19,6 juta Yen. Nyaris dua kali lipat harga Lexus termahal di sana. Bahkan Century bisa disebut Toyota termahal yang pernah dibuat.

Lantas apa yang membuat mobil ini spesial? Pertama, tujuan awal dibuat mobil ini untuk merayakan 100 tahun pendiri Toyota, Sakichi Toyoda. Kendaraan ini dirancang sebagai mobil mewah untuk disopiri. Target mereka saat itu dan sampai sekarang, menghasilkan spesies pesaing Rolls Royce. Sangat optimis!

Jadi jangan heran jika setelah 4 dekade, desain mobil yang kita lihat hari ini, terkesan sangat aristokrat. Elegan tanpa aura dinamis sedikitpun. Mewah dalam artian yang sesungguhnya. Namun entah mengapa, malah bagi kami terlihat ‘terlalu klasik.’

Bagian fasad, utamanya di paras terlihat modern. Lampu kristal, LED, hingga sein di spion mengesankan kendaraan masa kini. Bagian sisi tersaji dengan sangat tegas. Bahunya berdiri tegak untuk menguatkan kesombongannya. Namun buritannya, seperti Camry era 90an. Tapi ini hanya penilaian kami secara kasat mata. Mungkin jika sudah melihat lebih dekat, aura elegan Century langsung menutup indera kami.

Bagaimana kesan futuristiknya? Menurut foto-foto yang diunggah Toyota, aneka peranti digital sudah disematkan. Misalnya saja layar berwarna di panel instrumen pengemudi. Perangkat kontrol multimedia dan sistem kenyamanan kendaraan (kursi pijat) tersaji lewat layar sentuh di sisi penumpang belakang. Peranti ini masih terpisah dengan layar besar, 11,6 inci yang berdiri di hadapan penumpang untuk menyampaikan hiburan visual. Temannya, 20 speaker untuk menjaga lantunan lagu klasik kegemaran sang pemilik.

Kemewahannya didukung oleh material kelas wahid. Jok ternyaman dengan material kulit termewah dipadankan. Material kain dengan tenunan eksklusif yang hanya bisa ditemukan di Century. Ornamen kayu asli sebagai pelapis di banyak sektor juga tampak digunakan.

Sebagai penyuplai tenaga, unit mesin 5,0 liter dipasang. Modernisasinya? Tentu saja sistem hybrid. Ya, unit motor bertenaga baterai ini siap memberi tenaga lebih pada mesin V8 itu. Total tenaganya konon mencapai 431 PS dengan konsumsi bahan bakar, 13,6 kpl. Wow! Setara Honda Jazz!

Oh ya, kabarnya harga yang kami sebut belum termasuk melapisi mobil ini dengan pelindung antipeluru atau antiledak. Biasanya para pembeli yang dari kalangan pejabat atau keluarga Kerajaan Jepang, mengaplikasi sistem perlindungan ini untuk menjaga penumpang VVIP-nya.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *