Toyota dan Isuzu tak Lagi Bersama

Toyota dan Isuzu – 3 Agustus 2018 menjadi tanggal resmi berakhirnya hubungan Isuzu dan Toyota, dimana secara mengejutkan Toyota menjual kepemilikan modal dari proyek kolaborasi ini yang berjumlah sekitar 6 persen. Meskipun hubungan secara finansial mereka berakhir, namun dalam aspek kemitraan khususnya pengembangan dan riset, Toyota dan Isuzu tetap membuka peluangnya.

Secara historis, romansa antar kedua produsen ini memang mempunyai tempo yang cukup lama, terhitung tahun 2006 dimana mereka memulai untuk saling memberikan potensi dari setiap pengembangan antar kedua belah pihak.

Hubungan mereka berdua tentunya juga mencakup soal standarisasi serta sistem kerja yang memberi keuntungan kepada kedua belah pihak yang kemudian membuat Toyota dan Isuzu terlihat sebagai sebuah kolaborasi yang sangat inovatif. Hubungan antar Isuzu dan Toyota juga sempat mengalami cobaan yang menghantam mereka berdua pada tahun 2008 dimana krisis ekonomi melanda hampir seluruh perekonomian dunia, sempat terdengar kabar bahwa krisis tersebut yang membuat kedua belah pihak harus melakukan rekonsiderasi atas kolaborasi mereka.

Penulis : Fauzan Perdana

Editor : Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *