Akankah Toyota Avanza Kembali Menjadi Mobil Terlaris di Indonesia?

Jangan pernah merayakan terlalu cepat sebelum garis finish itu didapat. Mungkin kalimat tersebut dirasa pas ketika posisi puncak penjualan mobil LMPV Tanah Air, yang semula diperkirakan akan diraih oleh Xpander, ternyata kini harus kembali bergeser di penghujung tahun 2018 ini.

Kini, sepertinya Toyota Avanza akan kembali didaulat sebagai mobil terlaris di Indonesia. Bila Avanza sanggup mempertahankan angka penjualannya hingga penghujung tahun 2018 yang tinggal tersisa sekitar satu bulan lagi, maka ia akan mendapatkan predikat mobil yang merajai pasar Tanah Air selama 15 tahun!

Bayangkan, kepada Avanza akan tersematkan predikat sebagai varian mobil yang paling diminati masyarakat Indonesia sebanyak 15 kali berturut-turut! Luar biasa. Fakta ini sepertinya akan mematahkan banyak pandangan, terutama soal ‘teori’ tampilan ekterior mobil. Selama ini banyak orang melihat bahwa faktor ‘tampang’ mobil lah yang akan sangat menentukan tingkat penjualannnya.

Namun, dengan tingginya penjualan Toyota Avanza model lama pada Oktober 2018, yang angkanya langsung menggeser Xpander dengan tampang SUV-nya dari puncak klasemen, tempaknya teori tampilan tersebut mulai tergoyahkan.

Betul, bukan berarti pandangan tersebut menjadi sepenuhnya salah. Yang perlu dikaji lebih mendalam adalah faktor apa sajakah yang sebenarnya sungguh-sungguh memengaruhi selera pasar kita dengan munculnya fenomena Avanza ini.

Dengan perolehan total penjualan sebanyak 67.940 unit, Avanza memang hanya terpaut sedikit dari saingannya Xpander di angka 66.125 unit. Masih tersisa dua bulan untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara yang sesungguhnya nanti.

TKB Group sebagai produsen brand velg HSR Wheel dan distributor ban Accelera juga melihat bagaimana persaingan dua mobil parbikan raksasa Jepang ini begitu memenuhi pasar. Banyak dari pelanggan kami yang menggunakan dua jenis kendaraan LMPV ini. Kalau tidak Avanza, ya Xpander. Tetapi yang kami syukuri adalah apapun mobilnya, ternyata mereka tetap memercayakan pilihan velg dan ban bagi mobil kesayangan mereka kepada produk-produk kami.

TKB Group percaya bahwa kepercayaan pelanggan tak mungkin lepas dari setidaknya dua hal, kualitas produk yang konsisten dan kemudahan akses kepada layanan yang bersahabat. Karena itu, selain kami berusaha menyajikan produk-produk velg yang baik dan bervariasi, kami juga selalu berusaha menghadirkan gerai kami di banyak kota. Hingga kini, sekitar 60 gerai TKB Group telah tersebar di banyak kota besar Indonesia.

Kami berharap melalui HSR Wheel dan ban Accelera, kepuasan dan kepercayaan pelanggan dapat terus terjaga.

Salam, TKB Group Indonesia.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *