Toyota All New Kijang Innova, Baru Meluncur Sudah Akan Siapkan Facelift

Kehadiran All New Kijang Innova menjadi pembicaraan hangat di berbagai situs otomotif. Sejak diperkenalkan tahun 2011 lalu, baru kali ini Kijang Innova hadir dengan generasi baru.

Tidak tanggung-tanggung, Toyota memberi label ‘A Legend Reborn’ untuk mobil satu ini. Sang legenda yang lahir kembali, begitulah kira-kira arti tema tersebut. Barangkali sedikit berlebihan, namun Innova memang salah satu mobil favorit di kelas middle MPV. Tidak heran juga bila generasi baru mobil ini banyak dinanti penggemarnya. Namun bila ditelusuri dari sejarah Kijang, kendaraan satu ini memang pantas disebut sebagai Legenda yang dilahirkan kembali.

Toyota All New Kijang Innova

Innova baru saja resmi diluncurkan tanggal 23 November 2015 di Jakarta. Pengembangan All New Innova yang memunculkan generasi baru ini didasarkan pada data pasar baik berupa masukan, keluhan, dan komentar dari pengguna yang kemudian dicari jalan keluarnya dan diaplikasikan pada model baru ini. 3 tipe All New Innova disediakan untuk konsumen, yaitu tipe G, Tipe V, dan varian tertinggi tipe Q. Tidak hanya pada tampilan, perubahan dilakukan pada bagian mesin maupun fitur-fitur tambahan.

Karakteristik dasar Toyota Kijang masih tetap dipertahankan meski dengan serangkaian perubahan yang cukup besar pada desainnya. Desain eksterior memiliki tema Grand Tourer dengan tipikal dinamis, modern, mewah, dan elegan.

Toyota All New Kijang Innova

Dari segi fitur, All New Kijang Innova dilengkapi dengan drive mode, yaitu mode berkendara yang bisa diganti-ganti dari normal, power mode, maupun eco mode. Sejumlah fitur hiburan modern ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang di dalam kabin, seperti smartphone connectivity, voice command, bluetooth, advance audio, layar sentuh, serta aplikasi Toyota move.

Toyota All New Kijang Innova

Fitur keamanannya juga sudah mumpuni. Sederet fitur disematkan pada mobil untuk memaksimalkan pengalaman berkendara dengan aman, seperti ABS, EBD, ISOFIX, SRS Airbag, light and key remind warning, serta VSC dan HAC.

Mesin baru tertanam di All New Kijang Innova. Ada dua pilihan yang tersedia. Pertama tipe bensin kapasitas 2.000 cc dengan teknologi dual VVT-i. Kedua mesin diesel Tipe GD kapasitas 2.400 cc dengan teknologi intercooler serta Variable Noozle Turbo (VNT).

Toyota All New Kijang Innova

Toyota merancang mobil ini sedemikian rupa sehingga tampilannya lebih dekat ke Crossover daripada model mobil keluarga konvensional. Di sektor kaki-kaki, dipasangkan pelek berdiameter 16 inci untuk tipe V dan Gl, serta 17 inci untuk tipe Q.

Toyota sudah rencanakan akan lakukan facelift untuk Toyota All New Kijang Innova

Serangkaian perubahan besar yang diterapkan oleh Toyota pada All New Kijang Innova rupanya tidak menghentikan pabrikan asal Jepang ini untuk berinovasi. Meski belum ada satu minggu diluncurkan, rencana facelift sudah disampaikan ke publik.

Memang perubahan besar pada Innova bisa disebut sebagai model change, karena ada banyak perubahan yang diterapkan, sehingga membuatnya berbeda dengan generasi sebelumnya. Sementara untuk facelift, hanya dilakukan beberapa perubahan kecil.

Menariknya, dengan tampilan yang sudah lebih mewah saat ini, perubahan apa lagi yang akan dilakukan Toyota terhadap All New Kijang Innova?


 

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Satu tanggapan untuk “Toyota All New Kijang Innova, Baru Meluncur Sudah Akan Siapkan Facelift

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *