Tips Modifikasi Velg Besar dengan Centre Ring

Tips modifikasi velg besar dengan centre ring berikut ini tentu saja akan dapat membuat tampilan mobil menjadi semakin keren dan menarik. Memodifikasi bagian dari kaki-kaki mobil dengan mengganti velg mobil dengan yang lebih besar dipercaya dapat meningkatkan penampilan dari mobil. Walaupun demikian, pada saat melakukan pergantian tersebut harus diaplikasikan dengan tepat, sebab apabila dipasang secara asal-asalan, maka kaki-kaki mobil akan menjadi rusak, sehingga sangat beresiko untuk terjadi kecelakaan pada saat Anda berkendara.

Modifikasi Velg Besar

Cara modifikasi velg besar

Permasalahan umum dalam modifikasi velg  besar yang paling sering ditemui adalah ukuran dari poros tengah velg. Walupun sebagian besar velg mobil memiliki Pitch Circle Diameter (PCD) atau baut dengan jumlah yang sama, namun biasanya semakin besar ukuran dari velg maka poros tengahnya juga akan semakin besar, jadi bisa dikatakan bahwa poros tengah velg akan semakin membesar mengikuti ukuran dari velg tersebut. Sehingga hal ini akan menyebabkan adanya celah diantara poros tengah velg dengan sumbunya.

Apabila dilihat  sepintas sepertinya memang tidak terlihat adanya masalah pada saat velg tetap dipasang. Akan tetapi, pada saat mobil bejalan dengan kecepatan tertentu, akibat dari tidak adanya poros untuk menahan, maka velg mobil akan menjadi bergetar. Tentu saja hal ini akan sangat membahayakan. Namun apabila Anda tetap ingin memodifikasi mobil dengan memakai velg besar untuk kaki-kaki mobil Anda, maka Anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan centre ring.

Modifikasi velg besar dengan centre ring

Centre ring adalah sebuah konverter yang digunakan untuk mengisi celah pada velg besar, sehingga velg besar yang Anda pasangkan pada mobil Anda bisa menjadi lebih solid pada saat dipasangkan pada sumbu kaki-kaki mobl Anda. Cara pengaplikasian centre ring ini juga terbilang mudah, yaitu dengan cara memasangkan centre ring yang mempunyai derat ini langsung pada sumbu dari kaki-kaki mobil. Apabila centre ring ini sudah terpasang dengan benar dan kuat, maka Anda dapat melanjutkannya dengan memasang velg besar yang telah Anda pilih seperti biasa Anda memasang velg.

Centre ring ini bisa Anda dapatkan di toko-toko yang menjual velg mobil dan centre ring ini biasanya terdiri dari dua tipe yaitu yang polos dan yang berkuping. Sedangkan untuk materialnya, centre ring ini biasanya terbuat dari besi dan aluminium, sehingga sangat berpengaruh terhadap bobot dan kekuatannya. Untuk velg mobil yang poros tengahnya tidak rata atau menyembul, biasanya menggunakan centre ring berkuping untuk membuat velg mobil menjadi benar-benar solid dan menempel tanpa adanya celah sedikit pun.

Satu hal yang harus Anda lakukan ketika Anda telah selesai melakukan pemasangan untuk modifikasi velg besar Anda dengan memakai centre ring ini adalah melakukan penyetingan finished balancing. Berbeda dengan penyetingan balancing biasa, teknik penyetingan finished balancing ini akan memungkinkan putaran ban mobil menjadi seimbang tanpa harus melepas ban dari mobil.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *