Tips Menyetel Velg Racing Dengan Teknik Tradisional dan Modern

Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tips menyetel velg racing yang rusak dengan teknik tradisional dan modern yang dapat Anda praktekkan sendiri, sehingga Anda akan dapat menghemat pengeluaran pada saat velg mobil Anda rusak. Tips berikut ini merupakan cara yang biasa dilakukan oleh para pemilik bengkel mobil untuk membetulkan velg yang rusak, sehingga anda bisa juga menggunakan trik ini sendiri. Akan tetapi yang perlu Anda ingat Adalah tips menyetel velg mobil yang rusak ini tidak akan berguna sama sekali untuk kondisi velg racing yang sudah parah kerusakannya.

menyetel velg racing yang rusak

Apabila velg racing mobil Anda kondisinya sudah parah, sebaiknya Anda menggantinya dengan velg racing yang baru, baik velg mobil yang dijual satuan ataupun yang dijual secara paketan, sebab untuk memperbaikinya akan membutuhkan dana yang besar, dan apabila masih terdapat kerusakan setelah Anda memperbaikinya, maka hal ini tentu saja akan membahayakan keselamatan Anda pada saat mengendarai mobil. Akan tetapi ini semua semua tergantung dari kebutuhan dan tentu saja juga tergantung dari kondisi keuangan Anda.

Menyetel Velg Racing yang Rusak Dengan cara Tradisional

Untuk memperbaiki atau menyetel velg racing yang rusak, Anda dapat menggunakan teknik tradisional yaitu dengan menggunakan palu kayu ataupun palu karet. Caranya adalah dengan memukul-mukul bagian velg mobil yang penyok dan sesekali memanaskan velg mobil tersebut. Pada saat menggunakan teknik, Anda harus berhati-hati dalam mengerjakannya, karena apabila Anda melakukan kesalahan, kerusakan yang terjadi pada velg mobil bisa semakin parah.

Kunci untama dari tips menyetel velg racing yang rusak dengan cara tradisional ini adalah kesabaran serta ketelitian dalam mengerjakannya. Cara ini memang tidak membutuhkan dana yang besar, akan tetapi cara memperbaiki velg racing dengan teknik ini tidak akan memperbaiki velg mobil kembali baik seutuhnya. Hal tersebut dikarenakan velg racing merupakan salah satu jenis velg yang sangat sulit untuk dapat diperbaiki, walaupun hal itu juga tergantung dari model dan bahan dari velg itu sendiri.

Dengan menggunakan teknik tradisional ini walaupun velg mobil Anda tidak dapat kembali baik seutuhnya, akan tetapi minimalnya Anda dapat memakai velg ini untuk sementara waktu hingga Anda  benar-benar telah memiliki uang untuk dapat menggantinya dengan yang baru atau memperbaikinya dengan cara modern, yaitu dengan menggunakan teknik press.

Menyetel Velg Racing yang Rusak Dengan cara Modern

Tehnik kedua untuk menyetel velg racing yang rusak adalah dengan menggunakan cara modern , biasanya disebut juga dengan tehnik press. Sesuai dengan namanya, teknik menyetel velg ini dilakukan dengan melakukan pengepressan pada velg, agar velg mobil yang telah penyok atau rusak dapat lurus kembali. Cara ini memang relatif lebih mudah apabila dibandingkan dengan cara tradisonal dan hasilnya juga lebih memuaskan. Akan tetapi cara ini tentu saja tidak dapat Anda lakukan sendiri, sebab untuk untuk menggunakan teknik pengepressan ini Anda membutuhkan mesin khusus yang biasanya hanya tersedia pada bengkel-bengkel khusus.

Menyetel velg racing yang rusak dengan cara ini memang akan dapat memperbaiki kembali velg mobil Anda yang rusak seperti sedia kala, namun biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit. Kebanyakan bengkel akan mematok harga sampai dengan jutaan rupiah, walaupun itu semua tergantung dari kondisi velg racing yang rusak. Apabila velg racing Anda tidak dapat diperbaiki karena kondisinya yang sudah parah, maka sebaiknya Anda mengganti velg racing Anda dengan yang baru.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *