Tips Mengenali Asap Mobil Pribadi

Kenalpot mobil merupakan komponen dari sebuah mobil dan perlu perawatan pula. Dengan demikian rawatlah mesin dan kenalpot mobil anda.Untuk itu sesering mungkin mengecek kerusakan mesin diantaranya kondisi permukaan knalpot dengan melihat keluarnya asap, sehingga Tips Mengenali Asap Mobil Pribadi mutlak diperlukan. Cara mengetahui kerusakan mesin melalui kondisi knalpot dan penyebab keluar asap dengan cara berikut ini:

asap1
Tips Mengenali Asap Mobil Pribadi

1.Asap Berwarna Keabu-Abuan
Menandakan mesin dalam keadaan baik dan semua komponen mobil berfungsi dengan normal.

2. Bagian Kenalpot / Asap Basah Serta Ada Rembesan Oli
Apabila knalpot basah terdapat oli dapat dilihat bahwa ada beberapa kerusakan pada mesin mobil tersebut terutama pada bagian ruang bakar,serta keluarnya asap dari knalpot berwarna putih tebal dengan terus menerus.

3. Bagian Knalpot Berwarna Hitam dan berkerak
Disebabkan pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar atau terdapat kotor dari filter udara sehingga udara yang masuk ke ruang bakar tidak ideal.Selain bisa disebabkan oleh kwalitas api dari busi yang buruk sehingga bahan bakar yang masuk tidak dapat terbakar semua selanjutnya sisanya dibuang melalui knalpot mobil.Menyebapkan asap berwarna hitam pekat.

asap2
Tips Mengenali Asap Mobil Pribadi

4. Bagian asap Berwarna Hitam
Disebabkan oleh pembakaran pada bahan bakar kurang sempurna sehingga terdapat sisa pembakaran yang keluar bersama udara. Keadan tersebut dapat mengurangi performa mobil dan berpengaruh terhadap konsumsi bahan lebih boros tiga kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal.

5. Asap Mobil Berwarna Putih Tipis
Disebapkan oleh kondensasi terutama pada waktu udara dingin. Asap ini hanya bersifat sementara .

Demikian Tips Mengenali Asap Mobil Pribadi Anda Semoga Bermanfaat.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan