Tipe Kembang Ban & Beserta Fungsinya

Tipe Kembang Ban & Beserta Fungsinya

 

Tipe Kembang Ban – Ban yang digunakan pada mobil harian umumnya memiliki groove atau lebih akrab dikenal dengan alur. Motifnya ada banyak corak, namun kurangnya edukasi membuat orang asal memilih tanpa mengenal peruntukannya. Salah satu komponen yang paling jarang dicek kondisinya adalah ban mobil. Karet berbentuk bundar ini biasanya hanya dilihat sepintas, dan apabila tidak kempes atau masih terlihat alur kembang, maka pemilik sudah cukup puas. Berikut ini adalah tipe kembangan ban :

  • Rib

Alur pada sekeliling ban berjenis, sifatnya cenderung memiliki daya tahan terhadap keausan sehingga lebih awet, ban yang memiliki alur rib cocok untuk kecepatan tinggi dalam berkendara dan memiliki tingkat keseimbangan yang baik. Namun dalam hal traksi saat pengereman hasilnya kurang optimal, biasanya tipe kembangan ban jenis ini banyak digunakan untuk kendaraan niaga

  • Lug

Pola alur ini bila di perhatikan seperti memotong lingkaran ban. Pola alur Lug ini cocok untuk performa pengereman dantraksi, namun saat berada di kecepatan tinggi tipe pola ban seperti ini mengeluarkan suara bising dan getaran. Poin plusnya jenis ban ini memiliki keunggulan daya cengkram tinggi terhadap putaran ban.

 

  • Rib-Lug

Perpaduan jenis alur Rib dan Lug akan menghasilkan performa gabungan sehingga sangat cocok digunakan pada semua medan aspal, bebatuan, dan lumpur.

  • Block

Jenis alur yang paling mudah dikenali adalah alur block karena bentuknya seperti block-block kecil baik beralur dangkal atau dalam. Alur dangkal banyak kita temukan untuk kendaraan penumpang sehari – harikaena cukup nyaman di kendarai, sedang alur dalam banyak dipakai untuk kendaraan off-road karena mampu menancap ke tanah lembek untuk menambah dorongan pada traksi mobil. Kekurangan jenis tipe kembangan ban ini mudah aus.

  • Menyilang

Alur menyilang ini berbentuk tidak rata karena menyilang. Kelebihannya adalah baik saat digunakan pada jalan basah dan memiliki daya cengkram untk pengereman yang baik

Tread Ban Pola Rib

 

Ban dengan tapak atau trad berpola rib memiliki beberapa alur zig-zag pararel yang mengelilingi ban. Tread ban pola rib ini sangat cocok digunakan untuk berjalan di jalan yang permukaannya rata pada kecepatan tinggi (highway) bagi beberapa jenis mobil, dari mobil penumpang kecil sampai bus atau truk.

 

Karakteristik Tread Ban Pola Rib

 

Ban dengan pola tread rib memiliki tahanan gelinding (rolling resistance) yang kecil bagi ban, side slipping resistance lebih besar sehingga kendaraan akan lebih mudah untuk dikendalikan. Suara yang ditimbulkan oleh ban juga kecil. Namun tenaga tariknya kurang baik jika dibandingkan ban dengan tread ban pola lug.

 

 

Tread Ban Pola Lug

 

Ban yang memiliki pola tread jenis Lug memiliki alur yang tegak lurus terhadap garis keliling ban. Tread ban pola lug ini banyak dipakai oleh ban pada mesin konstruksi dan truk. Ban dengan pola tread Lug sangat cocok digunakan untuk berjalan pada jalan yang tidak rata dan juga lunak (jalan tanah).

 

Karakteristik Tread Ban Pola Lug

 

Ban dengan jenis pola tread lug mempunyai tenaga yang baik, tahanan gelinding (rolling resistence) ban cukup tinggi, kemudian tahanan terhadap side slipping lebih kecil, tread pada lug lebih mudah aus dan tidak merata keausannya. Suara ban yang ditimbulkan pada pola tread jenis lug ini juga besar.

 

Tread Ban Pola Rib dan Lug

Pola rib dan lug adalah pola tread ban gabungan dari pola rib dan pola lug, tujuannya adalah untuk memperbaiki kestabilan pengemudian. Ban dengan pola rib dan lug ini banyak dipakai pada ban bus dan truk, pola ban jenis rib dan lug cocok digunakan untuk berkendara pada jalan yang rata maupun jalan tidak rata misalnya jalan berbatu atau berpasir.

 

Karakteristik Tread Ban Pola Rib dan Lug

 

Pola rib yang melingkar di sekeliling ban menstabilkan kendaraan dengan mengurangi kemungkinan side slipping, sedangkan pola lug yang ada di tepi ban berfungsi untuk memperbaiki kemampuan pengendaraan dan pengereman. Bagian lug pada pola tread ini lebih mudah aus dengan tidak merata.

 

Tread Ban Pola Blok

 

Tread ban dengan pola blok yang berdiri sendiri atau bebas. Ban dengan pola blok banyak digunakan pada ban-ban yang melewati jalanan bersalju, saat ini ban dengan pola blok juga banyak dipakai pada ban radial ply untuk mobil-mobil penumpang.

 

Karakteristik Pola Tread Ban Blok

 

Ban dengan tread pola blok memiliki kemampuan pengendaraan dan pengereman yang lebih baik, dapat mengurangi slipping dan skidding pada jalan yang tertutup lumpur atau bersalju. Ban dengan pola blok cenderung lebih cepat aus jika dibandingkan tread ban jenis pola rib dan lug, rolling resistence juga sedikit lebih besar. Ban pola blok ini lebih cepat aus tidak beraturan pada permukaan jalan yang keras.

 

Nama Merek Ban Yang Kami Jual

-Accelera
-Zeetex

-Forceum

 

Sekian dari kami semoga informasi kami bermanfaat

 

2 tanggapan untuk “Tipe Kembang Ban & Beserta Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *