SUSUKI HUSTLER BATAL MEJENG DI INDONESIA

Dalam ajang Indonesia international motor show (IIMS) pada September tahun lalu, suzuki mengenalkan sebuah prduk terbaru yang sempat booming dan menjadi primadona di negeri sakura yakni suzuki hustler. Suzuki hustler merupakan sebuah mobil city car yang berjenis SUV. Memiliki desain yang menarik dan sangat futuristic. Hal ini merupakan sebuah terobosan bagi para desainer yang mereancangnya yang dikhususkan untuk jalanan kota yang padat dan rawan kemacetan. Sehingga mobil ini menjadi salah satu solusi kemacetan. Mobil mungil dengan mesin 3 silinder berkapasitas 658 cc ini mendapat sambutan hangat pada pameran otomotif bergensi di tanah air. Dan digadang gadang akan tampil mewarnai pasar otomotif tanah air.
suzuki-hustler-concept-01-1
Namun tidak disangka, rencana mendatangkan mobil mungil nan modern dari jepang tersebut tidaklah dapat terlaksana karena beberapa alasan terkait peraturan pemerintah Indonesia. Pertama adalah berat mobil yang sangat ringan membuat mobil ini tidak masuk kualifikasi karena memiliki berat yang tidak sesuai dengan standar peraturan di indonesia. Pihak Suzuki beralasan bahwa untuk mendukung penghematan bahan bakar, maka didesain mobil yang tidak memiliki berat yang lebih karena hal ini akan berpengaruh pada kekuatan mesin. Kemudian yang kedua adalah masalah kaca, pada Suzuki hustler menggunakan kaca yang memiliki ketebalan lebih tipis daripada standar yang ditetapkan di Indonesia yakni 3 milimeter. Pihak Suzuki juga beralasan bahwa kaca yang digunakan pada Suzuki hustler terbuat dari bahan yang lebih kokoh dan kuat namun lebih ringan daripada kaca biasanya.
Akan tetapi melihat mobil ini mendapat respon yang sangat baik pada ajang otomotif terbesar di Indonesia tersebut serta mobil ini yang menjadi terobosan kemacetan ibu kota tidak mustahil pihak Suzuki akan melakukan revisi untuk meluncurkan produknya ini di tanah air. Apakah anda berminat? Kita tunggu saja ya.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan