Sejarah Mobil yang Pertama Kali Dibuat

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘mobil merupakan kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mobil. Kata mobil sama dengan istilah ‘oto’ atau ‘otomobil’. Istilah ‘mobil’ sendiri merupakan kata serapan. Istilah yang lebih tepat sebenarnya adalah otomobil. Dalam bahasa Inggris, kata ini adalah auto mobil, yaitu benda yang bergerak (mobile) dengan kekuatan sendiri (auto).

Dari pengertian itu kita bisa membatasi apa yang disebut mobil, dan bisa memperkirakan kapan mobil pertama kali dibuat. Sejarah mobil merupakan sejarah yang kaya. Seperti pada banyak sejarah penemuan lainnya, mobil juga tidak lepas dari kontroversi, siapa yang pertama kali membuatnya.

Jika kita merujuk pada makna kendaraan yang memiliki tenaga pendorong sendiri, kita bisa kembali ke masa Leonardo da Vinci, di abad ke-16. Desain ‘mobil’ Leonardo memang tidak bisa kita samakan seperti mobil-mobil seperti yang banyak kita temukan di jalan raya sekarang. ‘Mobil’ ini tidak memiliki penumpang. Uniknya, mobil ini tidak memiliki bahan bakar.

Leonardo_Amboise_Automobile
Mobil yang dibuat berdasarkan gambara Leonardo Da Vinci, pantaskah disebut sebagai mobil?

Kalau kita batasi pengertian mobil haruslah kendaraan roda empat yang berbahan bakar, maka kita bisa merujuk karya seorang Pastur bernama Ferdinand Verbiest. Verbiest membuat kendaraan bertenaga uap sekitar tahun 1672 sebagai hadiah untuk Kaisar Tiongkok kala itu. Hanya saja ‘mobil’ ini tidak dapat terlalu kecil untuk dinaiki. Meski tidak berpenumpang, karya Verbiest dianggap sebagai usaha pertama untuk membuat kendaraan bertenaga uap.

www.automotogaleria.pl/historia.html
Gambar Mobil yang didesain oleh Ferdinand Verbiest

Sekarang kita batasi lagi pengertian mobil. Jika pengertian mobil haruslah kendaraan yang menggunakan bahan bakar dan mampu mengangkut penumpang, maka mobil pertama dibuat pada abad ke 18. Adalah Nicolas-Joseph Cugnot yang pertama kali membuat mobil ini. Hanya saja ‘mobil’ buatan Cugnot ini tidak beroda empat, namun tiga. Kendaraan buatan Cugnot ini secara luas diakui sebagai mobil berpenumpang dengan tenaga uap yang pertama kali dibuat. Banyak pihak yang merujuk karya Cugnot sebagai mobil yang pertama kali dibuat.

fardie09
Mobil bertenaga uap pertama yang masih tersisa, buatan Cugnot

Ada juga yang berkeyakinan karya Cugnot ini tidak layak disebut sebagai mobil. Kendaraan milik Cugnot terbukti sangat berat, sangat tidak efektif, dan hanya bisa mencapai 2,25 mil dalam waktu satu jam. Akhirnya, mereka yang tidak sepakat berpendapat bahwa mobil pertama adalah mobil yang pertama kali dibuat dengan bahan bakar bensin.

Namun sebelum itu, sebelum dunia mulai memperhitungkan mobil bertenaga listrik seperti Tesla, sebenarnya sudah ada yang pernah membuat kendaraan bertenaga listrik sebelumnya. Penemunya bernama Robert Anderson yang membuat kendaraan bertenaga listrik dalam rentang waktu 1832-1839.

Ini dia mobil tenaga listrik pertama, jauh sebelum Tesla meluncurkan mobil tenaga listrik

Akhirnya, orang yang pertama kali dianggap membuat mobil yang sebenarnya, seperti yang kita pahami saat ini adalah Karl Friedrich Benz. Mendengar kata Benz, kita barangkali akan teringat dengan salah satu pabrikan mobil ternama. Yap, benar. Nama ini memang berhubungan dengan Mercedes-Benz yang kita saat ini. Benz merupakan orang pertama yang membuat mobil dengan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) berbahan bakar bensin.

Namun mobil Benz hanya beroda 3. Kalau mau merujuk pada pengertian mobil haruslah minimal memiliki 4 roda, maka orang yang pertama kali menemukannya adalah Gottlieb Daimler.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *