Rangkuman Singkat GIIAS 2018

Gaikindo Indonesia International Atuo Show, atau yang disingkat GIIAS merupakan perhelatan pameran otomotif ternama di Indonesia, pada tahun 2018 perhelatan ini kembali digelar. Dimulai tanggal 2 Agustus dan berakhir 12 Agustus 2018, gelaran ini diadakan di ICE BSD telah menampilkan 37 merk otomotif dan telah menarik pengunjung sekitar 450.000 orang.

Dalam aspek transaksi, tercatat produsen Toyota Astra Motor mencapai 6.022 unit. Toyota juga sempat memamerkan konsep kendaraan futuristik, seperti Concept-i, i-Ride dan i-Walk dari Seri i-Series serta beberapa konsep kendaraan Hybrid lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Toyota Astra Motor melakukan survey atas tingkat ketertarikan pengunjung terhadap kendaraan futuristik mereka, dan hasilnya 80 % pengunjung tertarik dengan konsep tersebut.

i-ride
Konsep mobil Futuristik i-Ride, Sumber: toyota-global.com
  • Hyundai Santa FE “Overrated” di GIIAS 2018 ?
santa-fe
Sumber:Instagram, @hyundaiid

Beralih ke Hyundai, Santa FE yang dinobatkan sebagai mobil tumpangan terfavorit dalam acara GIIAS 2018 berhasil menjual 139 unit, hasil ini terlihat ganjil, mengingat gelar mobil tumpangan terfavorit di GIIAS 2018 tidak sebanding dengan jumlah penjualan unit kendaraan Jepang yang bisa mencapai 1000 unit ke atas. Secara keseluruhan, produsen Hyundai melakukan transaksi penjualan sebanyak 234 unit dimana Santa FE menjadi tipe penyumbang terbanyak unti penjualan Hyundai.

  • Xpander menjadi idola baru di kubu Mitsubishi
Xpander unggul dalam penjualan unit seluruh jenis Mitsubishi. Sumber: Otomania.com

Mitsubishi Xpander mengungguli dua pesaingnya, Pajero dan Triton 93 dari segi penjualan, tercatat 1.839 unit terjual per tanggal 11 Agustus 2018. Meskipun penjualan Xpander tembus rekor penjualan, namun sayang hasil ini masih belum memenuhi standar target penjualan produsen Mitsubishi secara keseluruhan, Budi Daulay selaku pimpinan penjualan dan pemasaran daerah 1 menyatakan bahwa target PT Mitsubishi Motors Kramat Yudha Sales Indonesia di GIIAS 2018 berkisar 3.500 unit.

  • Suzuki berhasil menakar selera pasar
All New Ertiga berhasil menjadi penjualan terbanyak di kubu Suzuki. Sumber: suzuki.co.id

Suzuki berhasil menakar selera pasar dengan menghasilkan penjualan sebanyak 7 tipe, yaitu All New Ertiga, Ignis, New Carry Pick Up, APV, SX4 S-Cross, Karimun Wagon R dan Suzuki Baleno. Program Auto Value yang ditawarkan turut menjadi kunci dalam keberhasilan Suzuki menakar selera pasar. Program ini adalah program yang membantu para konsumen untuk melakukan tukar tambah mobil suzuki dengan segala merk mobil.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *