Nissan Terra Hadir di Filipina, Pajero Sport Bakal Dilibas

Nissan Terra semakin mendunia. Setelah Cina, kini pasar otomotif Filipina kebagian jatah SUV pesaing Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer dan Mitsubishi Pajero (28/05). Beda pasar, beda spesifikasi. Di filipina, yang pasarnya mirip Indonesia, Nissan menanggalkan mesin bensin dan memasangkan penggerak turbodiesel. Mesin dengan kode YD25DDTi memiliki konfigurasi empat silinder, kapasitasnya 2,5 liter dengan tenaga mencapai 190 ps. Torsinya juga badak, dengan angka 450 Nm. Kalau Anda jeli, ini mesin yang sama dengan Nissan Navara yang beredar di Indonesia (tipe 2.5 VL).

Persamaan itu bisa dimengerti, karena di balik kulitnya, Terra menggunakan platform ladder frame yang sama persis dengan double cabin itu. Tentunya dengan penyesuaian untuk SUV. Kalau spesifikasi yang sama masuk Indonesia, maka mobil ini menjadi yang paling bertenaga. Menumbangkan Pajero Sport yang punya 181 ps di balik kap mesinnya. Untuk menjalankan, tersedia pilihan transmisi 6-speed manual atau 7-speed otomatis konvensional (bukan CVT atau dual clutch). Transmisi kemudian menggerakkan dua roda belakang (2WD) atau empat roda (4WD).

Dari bentuk, terlihat jelas mukanya berbeda tipis dari Navara, dengan pembeda di bentuk lampu depan. Perbedaan itu juga membuat bemper sedikit berbeda di sekitar lampu. Interior Nissan Terra lagi-lagi memberikan banyak kesamaan dengan sang Navara. Dashboard serupa, hingga ke posisi tombol-tombolnya, sistem multimedia touch screen dan tentunya ketambahan dua baris jok belakang.

Terra dengan spesifikasi tertinggi di Filipina dibekali dengan cruise control (fitur wajib di negara itu. Entah kenapa, padahal lalu lintasnya tidak beda dengan Indonesia). Selain itu, ada juga koneksi Apple CarPlay, Bluetooth dan lingkar kemudi dengan kendali audio, yang kalau diperhatikan mirip setir X-Trail. Tombol-tombol di bagian konsol tengah dashboard juga terlihat modern dan semuanya sudah digital. Jok sudah berbalut kulit untuk varian ini. Khusus kursi pengemudi, dibekali pengaturan elektrik delapan arah. Plus, ada key-less entry dan tombol starter. Varian bawahnya, dipasarkan dengan jok kain. Karena lebih murah, tidak ada pengaturan jok elektrik dan starter mobil masih konvensional. Yang paling menonjol, tidak ada MID semenarik versi mahal.

Terra juga ditawarkan dengan fitur keselamatan yang lumayan komplet. Ada enam airbag, fitur bantu kendali traksistability control, rem dengan ABS. Dan seperti biasa, ada juga kamera 360 derajat untuk memonitor keadaan di luar. SUV ini mulai proses delivery pada Agustus nanti. Lalu, kapan ke Indonesia? Ini masih jadi pertanyaan. Tapi rencana Nissan Motor Indonesia tahun ini, menyebutkan bakal menjual SUV dan MPV baru. Kalau benar, paling tidak di GIIAS 2018 yang berlangsung Agustus nanti, kita bisa melihat wujudnya langsung.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *