Modifikasi Velg SUV Agar Bebas Melaju Tanpa Limbung

Modifikasi Velg SUV – Mobil sport satu ini memang punya ground clearance tinggi, plus body besar. Fisiknya yang besar itu mau tidak mau menyulitkan pengendaranya saat melaju di kecepatan relatif tinggi. Untungnya, Ada beragam cara mengatasi kesulitan ini. Diantaranya dengan mengganti velg SUV plus bannya.

Modifikasi velg SUV plus bannya biar lebih stabil

Agar lebih stabil, lakukan modifikasi velg SUV serta pada bannya. Ganti velg dan ban SUV dengan ukuran lebih lebar. Seperti mengganti velg mobil Honda HR-V dengan ring 22. Tapak yang lebih lebar ini akan meningkatkan daya cengkeram kendaraan. SUV akan lebih melekat di jalanan dibandingkan sekedar menggunakan velg dan ban standar pabrikan.

Ukuran velg pabrikan SUV biasanya dalam range R16-R18. Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner masing-masing menggunakan velng ring 17 dengan paduan ban ukuran 265/65. Honda New CR-V maupun Suzuki Grand Vitara dibekali dua ukuran velg dan ban tergantung tipenya, yaitu velg ring 17 dengan ban 225/65 dan velg ring 18 dengan ban 225/60. Sementara Toyota Rush justru memiliki ukuran velg lebih kecil, yaitu velg ring 16.

modifikasi-velg-suvModifikasi velg SUV agar bebas melaju

 

Rekomendasi untuk modifikasi velg SUV

Velg SUV bisa diperbesar hingga velg ring 22 x 9-9,5 inci. Untuk PCD, biasanya velg SUV terdiri dari dua jenis, yaitu 6×139,7 dan 5×114,3. Yang perlu diperhatikan adalah offset velg serta ukuran ban yang digunakan.

Umumnya, bila velg memiliki PCD 5×114,3, offset yang direkomendasikan sebesar 45 mm dengan lebar ban 7-9 inci. Rekomendasi ini bisa berlaku pada mobil seperti Rush, Grand Vitara, maupun New CR-V. Sementara untuk Fortuner dan Pajero, yang sama-sama memiliki PCD 6×139,7, sebaiknya menggunakan velg dengan offset 20-25 mm.

Lebar velg 7-9 (atau 9,5) direkomendasikan agar roda terhindar dari risiko nyangkut. Perlu juga dicermati, kerja komponen pada kaki-kaki mobil akan semakin berat kalau diameter velg semakin besar. Sebaiknya kenaikan diameter maksimal 2 inci dari ukuran velg standar, agar berkendara tetap nyaman dan aman. Soal desain, velg model palang yang tegas akan membuat SUV semakin gagah.

Pilihan ban untuk modifikasi velg SUV

Penyesuaian pada ban mutlak diperlukan. Ketepatan ukuran ban berpengaruh pada kenyamanan saat mengendarai SUV. Ban yang agak tebal dianjurkan agar ruang fender yang besar dapat terisi.

Bila velg yang digunakan adalah velg ring 22 dengan lebar 9 inci, ban ukuran 265/40 bisa digunakan. Sementara bila ingin memakai velg ring 20 dengan lebar 8,5 inci, ban ukuran 235/45 bisa dipadankan dengan velg.

Autoshow modifikasi velg SUV oleh TKB Group Indonesia

Sebagai referensi, berikut  ditampilkan beberapa contoh hasil modifikasi velg SUV oleh toko velg mobil yang berada di bawah payung TKB Group Indonesia:

1. Modifikasi velg SUV, Toyota Fortuner modifikasi velg suv 2 2. Modifikasi velg SUV, Toyota Rush modifikasi-velg-suv-03 3. Modifikasi velg SUV, Honda New CR-V modifikasi-velg-suv-05 4. Modifikasi velg SUV, Mitsubishi Pajera Sport modifikasi-velg-suv-04

3 tanggapan untuk “Modifikasi Velg SUV Agar Bebas Melaju Tanpa Limbung

  • 1 Desember 2016 pada 2:06 pm
    Permalink

    Alamat Toko nya di Jakarta ?
    Tks atas Info nya

    Balas
    • 3 Desember 2016 pada 2:32 pm
      Permalink

      banyak pak, bapak posisinya dimana ya?

      Balas
    • 5 Desember 2016 pada 3:18 pm
      Permalink

      Kita ada banyak di jakarta bro tinggalnya dmn nanti saya arahin ke yg terdekat

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1