Mobil Lucu Roda Tiga Ditampilkan di Los Angeles Autoshow

Saat masyarakat Indonesia diminta menyebutkan beroda tiga, yang terbayang adalah Bajai, kendaraan angkutan khas di ibukota. Kendaraan satu ini juga beroda tiga. Bedanya, dua roda ada di depan dan satu di belakang. Dan yang jelas, kendaraan ini adalah mobil.

Entah visi masa depan apa yang mengilhami sang pembuat, yang jelas Elio Motors berharap mobil ini bisa mengguncang pasar otomotif. Ia memiliki tampilan mungil, ringan, sekaligus aerodinamis. Menariknya, mobil ini hanya berharga setengah dari mobil paling murah di Amerika Serikat saat ini. Tidak hanya itu, Elio motor memastikan ia akan membuat kantong terjaga karena irit bahan bakar.

Mobil Lucu Roda Tiga Ditampilkan di Los Angeles Autoshow

P5, Mobil Lucu Roda Tiga Ditampilkan di Los Angeles Autoshow

Namanya, P5. Dia salah satu mobil yang menjadi pusat perhatian di gelaran Los Angeles Autoshow 2015 yang diadakan tanggal 20-29 November 2015. Ia masih dalam bentuk prototipe, atau model awal sebelum diproduksi massal. Prototipe beroda tiga ini bukan pertama kalinya diperkenalkan oleh Elio Motors. P5 merupakan prototipe ke-5. Beberapa tahun sebelumnya Elio Motors juga telah memperkenalkan P4. Selain itu, masih ada 25 mobil prototipe lain selain p5, yang masing-masing dinamai sesuai dengan nomornya. Hanya saja, P5 dan 25 mobil lainnya merupakan prototipe yang akan masuk produksi.

Elio motor menyebutkan, Dalam jarak tempuh hingga 100 km, P5 hanya membutuhkan 2,8 liter bahan bakar. Angka ini terbilang mengagumkan, dengan konsumsi bahan bakar hanya satu liter untuk menempuh 35 km. Bila dibandingkan dengan kebanyakan mobil saat ini, jarak tempuh sejauh itu membutuhkan bahan bakar 2-3 kali lebih banyak.

Mobil Lucu Roda Tiga Ditampilkan di Los Angeles Autoshow

Kemampuan ini berasal dari dukungan mesin berkapasitas 0.9 liter tiga silinder. Ia direncanakan hanya tersedia dengan transmisi otomatis. Ke depannya, Elio Motors juga akan meningkatkan akselerasi serta kecepatan mobil ini agar sebanding dengan mobil penumpang lainnya.

Mobil Lucu Roda Tiga Ditampilkan di Los Angeles Autoshow

Meski mungil, standar keamanan mobil ini tetap diperhatikan. Mobil ini nantinya akan memiliki kelengkapan keamanan berupa rem ABS, tiga airbag, ditambah roll cage yang besar melebihi roll cage pada mobil yang serupa.

Jumlah pemesan mobil ini sudah sangat banyak. Sekitar 47 ribu orang sudah masuk daftar calon pembeli. Peluncurannya sendiri diperkirakan masih setahun lagi. Ia akan dibanderol dengan harga 6.800 dolar Amerika serikat atau sekitar 93, 3 juta rupiah (berdasarkan kurs 13.715 rupiah per 1 dolar Amerika Serikat). Dalam rangka memenuhi pesanan konsumen, Elio akan bekerja sama dengan Comau, anak perusahaan Fiat Chrysler.

Tinggalkan Balasan