Mobil Amerika Seorang Proklamator

Masih dalam suasana kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, TKB News mempunyai sajian redaksi terkait soal kemerdekaan. Insinyur Haji Soekarno lahir di Surabaya tahun 1901, yang akrab dipanggil Bung Karno merupakan seorang proklamator kemerdekaan Indonesia sekaligus presiden pertama Indonesia.

Mobil Asing Seorang yang Anti Asing

Bung Karno memang terkenal dengan sikap anti asingnya, salah satunya dengan jargonnya, “Amerika kita setrika, Inggris kita linggis”. Namun siapa sangka, sifat anti asingnya tidak berlaku pada kendaraan yang dia pakai baik sebagai tokoh negara ataupun pribadinya, dan dalam segmen TKB News kali ini, kami akan menyajikan beberapa mobil pabrikan Amerika Serikat yang digunakan Bung Karno

  • Buick Super 1949

Mobil ini adalah mobil dinas Bung Karno produksi Amerika Serikat yang sudah dimodifikasi posisi setirnya di sisi kanan bangku depan, selain Soekarno, pejabat politik Indonesia lainnya seperti Insinyur Haji Juanda yang menjabat sebagai Perdana Menteri kala itu.

Sumber: Kompas Otomotif
  • Chrysler Imperial

Mobil ini adalah pemberian dari Raja Arab Saudi, Saud bin Abdul Azis. Diproduksi pada tahun 1938, mobil ini termasuk mobil mewah pada zamannya. Dengan kapasitas 5.300 cc dan kecepatan 130 tenaga kuda, mobil ini menjadi mobil favorit Bung Karno.

Sumber: Kompas Otomotif
Sumber: Kompas Otomotif
  • Chrysler Windsor

Mobil produksi tahun 1952 ini diperlihatkan pertama kali kepada rakyat Indonesia ketika Soekarno menyambangi pertemuan Konferensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung. Mobil ini juga pernah dipakai oleh salah satu tokoh nasional ternama Indonesia, yaitu Jenderal Sudirman. Jika Squad TKB ingin melihat langsung mobil ini, silakan langsung saja datang ke Museum Angkut di kota Malang.

Sumber: Kompas Otomotif
  • Cadillac Series 70

Warna hitam mobil ini merupakan keluaran tahun 1954, mobil ini sudah mempunyai mesin dengan fitur V8, dari segi daya tampung mobil ini juga bisa dikatakan berbeda dengan jenis sedan lainnya, dengan kemampuan menampung 6-7 orang.

Sumber: Kompas Otomotif
  • Lincoln Continental

Keluaran Ford Motor Company yang satu ini memang layak menjadi pilihan penting untuk seorang tokoh penting seperti Bung Karno, dengan fitur mesin Turbo V12 dan kapasitas mesin yang mencapai 7.000 cc membuat kharisma Bung Karno sebagai presiden pun bertambah.

Sumber: Kompas Otomotif

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *