Megapa wajib Cek Velg mobil sebelum mudik lebaran

Megapa wajib Cek Velg mobil sebelum mudik lebaran Cek velg dan ban mobil sebelum mudik lebaran merupakan hal yang wajib dilakukan pengendara. Tentunya banyak yang harus di lakukan dan di perhatikan. Khususnya bagian velg dan ban mobil, karena velg dan ban mobil merupakan komponen penting dan utama yang seringkali dilupakan oleh pengendara.

Diantara peroses tersebut ialah; sepooring, balancing, dan pengecekan tekanan ban. Berikut merupakan penjelasan tentang proses pengecekan velg dan ban mobil.

Cek Velg dan Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran, Ini Caranya

Spooring

Spooring merupakan proses pengecekan dan atau menyamakan posisi kaki-kaki (roda) mobil. Roda depan antara kiri dan kanan harus sesuai, begitu pula roda belakang antara kiri dan kanan harus sesuai.

tips beli ban mobil

Cek Velg dan Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran, Ini Caranya

Guna dari spooring roda mobil ini ialah agar ban tidak cepat aus dan agar anda dapat menyetir dengan nyaman tanpa ada gangguan pada setir ataupun laju kendaraan anda, apalagi menuju tempat yang jauh saat mudik lebaran. Untuk melakukan spooring pun caranya sangat muda, bawa mobil anda ke bengkel mobil StreetRace, anda hanya tinggal duduk manis dan membayar, teknisi StreetRace akan bekerja dengan didukung oleh alat yang canggih.

Balancing

Balancing merupakan proses menyeimbangkan atau membuat sama perputaran roda mobil. Jadi bila roda mobil di posisi depan kiri terlalu ringan (cepat berputar) maka dikasih pemberat agar sama dengan ketiga roda lainnya.

Cek Velg dan Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran, Ini Caranya

Cek Velg dan Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran, Ini Caranya

Balancing sendiri berguna agar laju kendaraan tetap setabil dalam kecepatan tinggi dan keadaan setir tidak bergetar saat melaju.

Biasanya spooring dan balancing sudah menjadi satu paket dalam mensetting kondisi velg dan ban mobil.

Megapa wajib Cek Velg mobil sebelum mudik lebaran

Hati-Hati Velg Mobil Bengkok saat Mudik Lebaran

Velg mobil bengkok saat mudik lebaran merupakan salah satu hal yang sering di alami pemudik. Panjangnya perjalanan mudik saat lebaran, macet dan jalan yang rusak merupakan hal-hal yang menyebabkan velg bengkok. Ban mobil bagaikan kaki pada mobil yang melaju, bila kaki memiliki masalah, pasti berjalanpun tidak akan nyaman. Akibat yang disebabkan velg bengkok ialah ban mobil akan geol, dan kondisi roda pasti tidak akan setabil saat melaju.

Hati-Hati Velg Mobil Bengkok saat Mudik Lebaran

Velg bengkok lebih sering di akibatkan karena berkendara pada jalan rusak,jalan berlubang atau menabrak batu atau mungkin trotoar serta satu lagi pinggiran aspal jalan raya juga dapat menjadi penyebab velg bengkok,terutama jika terdapat jarak yang tinggi antara aspal jalan dengan tanah.

Velg bengkok yang terlalu parah menjadi terasa sekali goyangan yang di akibatkan saat mengendarai mobil. Namun bila bengkok velg tidak seberapa atau tidak terlalu parah maka goyang mobil yang terasa berada di bawah kecepatan 60 km/jam, namun mobil goyang akan hilang atau tidak terasa saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Akibat lain yang di timbulkan disebabkan oleh velg bengkok atau ban geol adalah steer atau kemudi terasa bergetar,bila ban geol atau velg bengkok berada di roda depan.

Hati-Hati Velg Mobil Bengkok saat Mudik Lebaran

Solusi untuk velg yang bengkok ialah diperbaiki di bengkel yang dapat dipercaya atau menggantinya dengan velg yang baru. TKB GROUP INDONESIA merupakan bengkel yang memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alat yang berkualitas, kunjungi bengkel TKB GROUP INDONESIA bila anda memiliki masalah pada velg mobil anda.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *