Maruti Suzuki Baleno Web S Edition Meluncur di Italia

Sejak bulan September 2015, Maruti Suzuki Baleno diumumkan ke hadapan publik, lalu bulan berikutnya resmi diluncurkan di India, awal Desember 2015, mobil yang sama resmi diluncurkan di Italia.

Spesifikasi Maruti Suzuki Baleno Hatchback

Di India, Baleno ditawarkan dalam dua tipe mesin. Pertama, mesin kapasitas 1,2 liter 4 silinder DOHC K-Seriies berbahan bakar bensin. Dengan mesin ini, Baleno mampu menghasilkan tenaga 84,3 PS di putaran 6.000 rpm. Torsi maksimalnya 115 Nm di 4.000 rpm. Mobil ini memiliki transmisi manual maupun matik C.VT.

Tipe mesin kedua berkapasitas 1,3 liter 4 silinder DDiS DOHC. Tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 75 ps di putaran 4.000 rpm. Traksinya 190 nm di 2.0000 rpm. Tersedia hanya dalam transmisi 5 percepatan.

Suzuki-Baleno-01

Dari segi keamanan, masing-masing varian telah memiliki air, sistem pengamanan anti maling, rem ABS dengan ABD, Suzuki TECT body, auto headlamps, lampu kabut, dan auto dimming IRVM. Bagian belakang sudah dilengkapi dengan sensor dan kamera belakang.

Dari kaki-kaki, suspensi depan dipasangi McPherson. Bagian belakangnya berupa torsion beam. Roda-roda di bagian depan telah memakai rem cakram. Peleknya  memiliki ukuran 16 inci. Tergantung dari variannya, ada dua profil ban yang dipasangkan pada Baleno, yaitu 185/65R16 dan 195/55R16. Hanya saja, rem belakang masih berupa rem tromol.

Baleno Hatchback ini memiliki panjang 3.995 mm, ditambah lebar 1.745, dan tinggi 1.500 mm. Mobil ini memiliki radius putar sejauh 2.520 mm dan ground clearance nya 170 mm. Tampilan tidak berbeda dengan model yang sebelumnya ditampilkan di GIIAS 2015.

Target Pasar Maruti Suzuki Baleno

Sejak Baleno versi sedan telah dihentikan. Suzuki masih menggunakan nama Baleno untuk mobil berjenis Hatchback, namun yang satu ini diproduksi di India di bawah bendera Maruti Suzuki. Tidak heran jika mobil 5 pintu ini pun rencananya akan diekspor ke Jepang.

Di India, ada empat varian yang disediakan, yaitu Alpha, Zeta, Delta, dan Sigma. Mobil ini menjadi saingan Hyundai i-20, Jazz, dan Ford Fiesta.

Mobil ini akan diekspor ke total 100 negara. Desember ini, Baleno hatchback diluncurkan di Italia, walaupun baru akan secara resmi dijual pada tahun 2016.

Baleno satu ini memiliki kisaran harga yang berbeda dengan versi yang dijual di India. Bedanya sekitar 100 jutaan. Baleno tipe terendah sekitar 100 jutaan sedangkan Baleno di Italia berharga dua kali lipatnya. Memang, yang ini merupakan varian berbeda, yaitu varian Suzuki Baleno Web S Edition.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *