Jenis-Jenis Mobil Listrik dan Era Baru Otomotif Indonesia

  • Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Jenis kendaraan ini mempunyai mesin penggerak dua jenis yaitu baterai dan mesin yang digerakkan oleh bahan bakar minyak. Harga yang ditawarkan dari jenis ini cenderung lebih mahal dari jenis lainnya, dikarenakan jenisnya yang sudah beredar luas di dunia.

  • Hybrid Electric Vehicle

Jenis kendaraan ini tergolong lebih mandiri dibanding jenis Plug-in hl ini dikarenakan kemampuan baterainya yang mampu mengisi daya dengan sendirinya, sehingga pengemudi tidak perlu menentukan jarak tempuh serta khawatir akan mengisi bahan bakarnya. Jenis kendaraan ini juga terbilang sudah banyak beredar seperti Honda CR-Z dan Toyota Camry Hybrid.

 Era Baru Otomotif Indonesia

Masa depan otomotif di Indonesia memang sudah bisa dibilang cukup Up To Date dimana terdengar kabar bahwa Tanah Air sudah mantap memberi izin kendaraan listrik untuk dipasarkan di Indonesia. Meski begitu pihak Kementerian Perhubungan sendiri menanggapi secara berbeda dimana mereka mengatakan bahwa mereka belum menyiapkan soal fasilitas dan infrastruktur dalam melakukan maupun mendukung uji coba kendaraan listrik seperti tahap pemasangan baterai, uji kelayakan cuaca (hujan), serta kelayakan kondisi medan jalan.

test drive mobil

Menanggapi soal simpang siur ini, pernyataan yang absolut mengenai persetujuan masuknya kendaraan listrik ditanggapi secara detil oleh Kementerian Perindustrian. Putu Juli Ardika selaku Direktur, mengatakan bahwa rancangan dan pengajuan proyek kendaraan listrik sudah berada di tangan Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Selain itu pembahasan rancangan soal kendaraan listrik ini memang memakan waktu lama dikarenakan banyaknya pihak yang terlibat seperti asosiasi insinyur, Gaikindo, insitusi otomotif serta Aisi.

Penulis : Fauzan Perdana

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *