Hyundai Luncurkan Sedan Premium EQ900

Sebagai manufaktur yang berasal dari Korea Selatan, reputasi Hyundai masih dianggap berada di bawah produsen mobil asal Jepang. Langkah memperkenalkan mobil kelas atas termasuk sebuah langkah berani. Namun bila melihat posisinya di jajaran pabrikan otomotif dunia, Hyundai-KIA justru termasuk 5 besar. Tidak salah bila Hyundai semakin berani dalam menawarkan produk-produknya.151124_2p10_EQ900 Bila dulu mobil berperforma tinggi Hyundai merupakan sebuah seri dengan nama Hyundai Genesis atau Hyundai Equus, kini Hyundai memisahkan mereka ke dalam brand sendiri, yaitu Genesis. Pemisahan ini sama seperti yang dilakukan oleh Toyota dengan Lexus, Nissan dengan Infiniti, atau Honda dengan Acura. Menariknya, baru saja diumumkan beberapa bulan lalu, Hyundai sudah mempertunjukkan model pertama untuk lini ini.

Dialah G90 dari flagship Genesis yang diperkenalkan di Korea Selatan sebagai EQ900. Sedan Sport ini akan dijual tahun 2016, bersaing dengan mobil seperti Lexus GS, Mercedes Benz S-Class, dan BMW seri 7.

genesis-eq900-g90-south-korea12-1024x683

Varian tertinggi G90 memiliki mesin berkapasitas 5 liter V8 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 425 hp dan torsi 519 Nm. Untuk mencapai kecepatan 100 Km/Jam, mobil bertransmisi otomatis dengan 8 percepatan ini membutuhkan waktu sekitar 5,7 detik.

Tipe di bawahnya menggunakan mesin 3,3 liter V6 Twin Turbo. Dengan mesin tersebut, bisa dihasilkan daya sebesar 365 hp serta tori 509 Nm. Dalam waktu 6,2 detik, tipe ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam. Sedangkan tipe terendah ditanami mesin berkapasitas 3,8 liter V6 bertenaga 307 hp serta torsi 396 Nm.

Semua varian menerapkan penggerak belakang. Namun ada juga opsi penerapan H-TRAC all wheel drive system yang dapat dikendalikan secara elektronik melalui piranti Genesis Adaptive Control Suspension.

maxresdefault

Bentuk dan garis-garis bodi didasarkan pada bahasa desain bernama ‘athletic elegance’. Bahasa desain ini tergambar dari garis-garis tegas di sepanjang bodi mobil, gaya vertikal di tailight, serta garis hexagonal di bagian lampu utama serta grille. Jok kulit melengkapi bagian dalam kabin dengan sistem elektrik yang dapat disesuaikan. Trim kayu juga menghiasi interior mobil, layar hiburan 12,3 inci, sistem hiburan berupa table ukuran 9,2 inci di kursi belakang, wireless charging, 3 zone climate control, shield pintu berlapis tiga, serta double glass insulation.

genesis-eq900-g90-south-korea13-1024x683

Spesifikasi lebih lanjut sepertinya baru akan dirilis oleh Hyundai tahun 2016. Versi yang dijual di Korea Selatan juga sepertinya akan berbeda dengan versi yang dijual di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan