Honda Jazz Listrik Lahir Tahun 2020

Jazz listrik bakal dilahirkan Honda pada pertengahan 2020 di Cina. Meski namanya belum tentu Fit atau Jazz, dipastikan Honda bakal meluncurkan mobil listrik dengan basis Fit/Jazz. Jantung elektrik atau baterainya dikembangkan dengan menggandeng raksasa manufaktur baterai, Contemporary Amperex Technology (CATL) untuk menghasilkan mobil listrik baru berbasis Jazz/Fit.

Seperti dilansir dari pewartaan situs Nikkei Asia, proyek kerja sama itu tak cuma mengembangkan baterai, melainkan teknologi yang dipakai oleh mobil listrik baru. Mobil itu rencana diluncurkan di Cina dan sejumlah negara lain pada tengah 2020. Tujuan kerja sama Honda dan manufaktur baterai terbesar di Cina itu, mengembangkan produk mobil listrik compact yang punya banderol harga terjangkau, sekitar 2 juta Yen atau Rp 250 jutaan saat dikonversi. Memakai baterai kecil dan punya jarak tempuh 300 km dalam sekali pengisian baterai hingga penuh.

Dikatakan, target Honda menjual lebih dari 100.000 mobil dalam setahun, yang sekaligus menjadikannya mobil listrik dengan penjualan terbanyak kalau sudah tercapai targetnya. Sedang lini mobil listrik Honda saat ini, termasuk mobil hybrid bensin dari joint venture dengan Panasonic dan GS Yuasa.

Honda juga menargetkan peningkatan share gabungan antara mobil listrik dan plug-in hybrid sekitar 65 persen dari total penjualan sampai 2030 nanti. Honda turut punya rencana lain dengan CATL termasuk pengetesan performa mobil listrik, teknologi produksi dan spesifikasi baterai. Mereka berharap bisa terus menjalin hubungan dengan CATL untuk kreasi mobil listrik masa mendatang.

Sebagai penyegar ingatan, Honda Fit EV sudah pernah eksis dan mendebut pada 2011 di pasar yang menjual Honda Fit, Amerika Serikat salah satunya. Meski begitu, Fit EV lawas cuma dibekali 20 kWh lithium ion baterai dan motor elektrik bertenaga 125 PS. Sedang jarak tempuhnya cuma sekitar 132 km. Kalau sesuai rencana Honda elektrik berbasis Jazz lahir pada 2020, tapi di pasa Cina terlebih dahulu. Indonesia mungkin punya kesempatan dikunjungi oleh hatchback compact bermesin elektrik itu.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *