Hati-Hati Penipuan Teliti Sebelum Membeli

hati-hati penipuan
gambar diambil dari pekanmaster.com 

TELITI TERLEBIH DAHULU SEBELUM MELAKUKAN PEMBELIAN

Semenjak adanya internet yang mudah diakses oleh masyarakat dan kemajuan teknologi yang terus berkembang, tidak bisa dihindari bahwa internet telah banyak membantu serta mempermudah aktifitas kehidupan kita, salah satunya adalah kemudahan transaksi keuangan.

Karena kemudahan ini, terjadi pergeseran transaksi dari cara manual ke cara transaksi online. Contoh misalnya sebelum munculnya internet dan media ecommerce, media sosial dan lain hal sebagainya, orang cenderung melakukan transaksi tatap muka secara langsung. Kemudahan dan kenyamanan berkat hadirnya internet seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Saat ini, banyak sekali modus penipuan yang terjadi dengan menggunakan akun social media fiktif seperti penggunaan fjb olx, Instagram dan Facebook. Sebagai pengguna dan konsumen yang ingin melakukan pembayaran sebuah produk secara online, ada baiknya sebelum melakukan pembayaran lakukanlah hal-hal berikut ini :

  1. Bandingkan harga produk. Jangan tergiur dengan harga murah, salah satu strategi para pelaku penipuan untuk memancing para korbannya adalah dengan menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang berlaku dipasaran.
  2. Kunjungi dan kenali terlebih dahulu social media dan toko online penjual.
  3. Jangan berpatokan jumlah follower / like setiap akun, banyak sekali yang palsu.
  4. Kenali produk yang akan anda beli. Tanyakan hal-hal spesifik kepada penjual agar anda mendapatkan produk yang sesuai.
  5. Perhatikan Foto Barang. Mintalah foto produk yang anda akan beli.
  6. Tawarkan Cash On Delivery. Para pelaku penipuan biasanya jarang mau diajak untuk bertemu.
  7. Periksalah keabsahan nomor telfon dan rekening. Periksalah terlebih dahulu keabsahan nomor telfon penjual (penjual resmi dan professional akan menyertakan nomor fix line telkom resmi) dan nomor telfon tambahan lainnya. Sebelum melakukan transfer DP/ Lunas, anda lakukan kroscek terlebih dahulu keabsahan rekening kepada penjual melalui fix line telfon.
  8. Priortaskan Offline Store. Kunjungi toko offline penjual sehingga apabila ada kendala bisa langsung bertanya.
  9. Minta Rekomendasi. Mintalah rekomendasi kepada orang-orang terdekat anda yang sudah berpengalaman dalam melakukan transaksi. Dengan cara seperti itu, orang-orang terdekat anda akan memberitahu mana toko yang bisa dipercaya berdasarkan pengalaman.
  10. Simpan Bukti Transfer. Simpanlah segala bentuk bukti pembelian sebagai alat validasi yang sah.

Selalu berhati-hatilah dalam melakukan transaksi keuangan secara online agar anda terhindar dari segala bentuk macam penipuan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 63 = 72