Desain Baru Mitsubishi Triton Mirip Xpander!

Mitsubishi Triton – Entah mengapa desain tampilan terbaru dari Mitsubishi Triton kali ini sangat menyerupai Xpander. Sekalipun masih berasal dari pabrikan raksasa otomotif Jepang yang sama, facelift baru besutan Mitsubishi ini seolah tak membawa kebaruan. Rancang tampak muka dari Triton sangat persis dengan Xpander. Triton 2018 jadi hanya seperti Xpander versi pikap untuk tampilan eksteriornya.

Mungkinkah Mitsubishi ingin berusaha meng-copy keberhasilan yang diraih Xpander kepada kendaraan jenis lainnya? Agak sulit sepertinya untuk diterima nalar ketika yang berusaha ditiru hanyalah tampilannya, dan bukan semangat kebaruannya. Sebab yang menjadi indikator utama di dalam keberhasilan Xpander menggeser 14 tahun hegemoni Toyota Avanza di puncak penjualan LMPV bukanlah bentuk tampilan luarnya itu sendiri.

Adalah semangat kebaruan yang berani dibawa Mitsubishi-lah yang meraup secara besar-besaran hati pasar. Di kala Avanza minim inovasi akibat belasan tahun terus berjaya, keberanian Mitsubishi di dalam mengusung MPV bertampang SUV-lah yang membuat Xpander merajai segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Mitsubishi Triton
Sumber : Detik.com

Tampang berotot dan gagah menjadi picu tersendiri bagi pasar yang selama ini sudah terbiasa, dan cenderung memaklumi, penampilan LMPV sekelas Avanza yang terus “begitu-begitu” saja. Pasar selama ini merasa tak punya opsi. Karena itu ya sudah, mau tidak mau beli Avanza saja. Ketika Xpander masuk, di sinilah terjadi gelombang eksodus besar-besaran ketika selera pasar yang telah lama berada pada titik jenuhnya menemukan alternatif pilihan lain yang lebih gres.

Sekalipun Corporate Vice President, Division General Manager of Design Division, Tsunehiro Kunimoto menyampaikan bahwa inspirasi dari desain terbaru tak lepas dari masukan dan keinginan konsumen, tetap saja tak ada ruh kebaruan pada facelift Triton. Padahal ruh itulah yang menjadikan Xpander sukses di banyak negara, termasuk Indonesia.

Betul bahwa ada beberapa pembaruan, tetapi tak mencolok; seperti tampilan LED projector yang lebih tinggi 100 mm, atau tampilan foglamp yang lebih tinggi 700 mm. Itu tidak signifikan. Jadi, mungkinkah peniruan tampilan eksterior Xpander ini akan membawa dampak signifikan terhadap penjualan mobil double cabin peranakan Mitsubishi ini? Mengingat Mitsubishi Triton yang sebenarnya selama ini telah merajai penjualan mobil kelas 4WD (4×4 dan 4×2) pada peringkat teratas. Sedangkan Toyota HiLux dan Nissan Navara menempel secara ketat di posisi kedua dan ketiga.

Demikian analisis dan informasi yang berhasil TKB Group rangkum dari berbagai sumber. Kiranya informasi tersebut bermanfaat bagi setiap pecinta otomotif di Indonesia. Kunjungi terus halaman kami untuk ulasan-ulasan terbaru seputar dunia otomotif roda empat, velg HSR Wheel dan ban Accelera.

Salam, TKB Group Indonesia.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *