Cara Mengganti Rem Cakram Pada Mobil

Cara Mengganti Rem Cakram Pada Mobil – Rem Cakram adalah sebuah alat untuk menghentkan laju kendaraan atau alat pengaman dari sebuah mobil. Cara Rem cakram, cara kerjanya menjepit disc brake dengan menggunakan caliper yang digerakkan oleh piston ke piringan.Kampas rim mudah menjadi aus, karena itu perlu perawatan rem lebih atau sering. Nah dibawah ini adalah tips mengganti kampas rem cakram pada mobil :

Cara-Ganti-Rem-Cakram-Mobil-1
Cara Ganti Rem Cakram Mobil

1. Carilah kampas rem cakram yang cocok pada mobil anda.

2. Pastikan rem mobil anda dalam keadaan dingin.

3. Buka dan lepaskan pelek ban mobil anda,dan lihat rotor atau kaliper.

4. Setelah dilepaskan bersihkan permukaan rotor serta dan lubang-lubangnya

5. Buka kaliper dengan cara melepaskan baut kaliper Ada beberapa kaliper yang tidak perlu dilepas total tetapi ada juga yang harus dilepas total, maka pastikan anda meletakkannya dengan benar dan tidak tergantung dikabel rem saja.

Cara-Ganti-Rem-Cakram-Mobil-2
Cara Ganti Rem Cakram Mobil

6. Usai dibuka anda bisa melihat kampas rem yang menempel pada bagian rotor, sementara itu kaliper terlihat pada piston yang menekan kampas rem cakram tersebut.

7. Lalu letakan dua kampas rem pada dudukan tetapi jangan langsung dipasang,dikarenakan akan lebih sulit memasangnya.

8. Selanjutnya cara mengembalikan piston yang sulit , cobalah dengan cara menggunakan klem penjepit lalu tekan piston sampai pada posisi yang diinginkan.

9. Setelah piston masuk kembali, kencangkan dan pasang kembali kaliper ke dudukan. lalu pasang kembali roda.

10. Sebelum mobil digunakan lakukan pengetesan dengan cara menjalankan mobil dan mencoba mengerem,pastikan tidak ada kelainan

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan