Cara Ini Buat Indonesia Punya Mobil Nasional

Cara Ini Buat Indonesia Punya Mobil Nasional – Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk negara Indonesia yang begitu kaya untuk membuat sebuah mobil Nasional. Namun apa daya kenyataanya masih seperti ini saja. Mobil Nasional dari zaman dulu sampai sekarang masih sebatas menjadi mimpi belaka. Lalu sebenarnya bagaimana cara nya agar Indonesia yang kita cintai ini bisa memiliki mobil nasional sendiri? Masih menjadi pertanyaan besar bagi bangsa ini.

Industri Mobil Nasional
Industri Mobil Nasional

Menurut Yongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo ada dua cara yang bisa ditempuh untuk bisa segera mempunyai mobil nasional. Cara yang pertama adalah dengan benar-benar membuat mobil sendiri dari nol. Menurutnya banyak kok insinyur Indonesia yang jago-jago. Namun cara ini menurutnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Akan membutuhkan waktu puluhan tahun, namun kebanggan yang didapatkan tentu sangat kuat.

Industri Mobil Nasional
Industri Mobil Nasional

Cara yang kedua adalah dengan membeli merek yang sudah berkibar di pasar, cara ini relatif bisa mempersingkat waktu. Metode ini seperti yang dilakukan Hyundai dan Proton ketika membeli teknologi salah satu sedan milik Mitsubishi Motors dari Jepang. Berangkat dari model yang sudah ada, akan mempermudah untuk mengembangkan ke level model yang lebih baik.

Nah, itulah yang harus didengarkan oleh para stakeholder di negara kita. Akan lebih bangga jika segera direalisasikan untuk beberapa waktu ke depan. Semoga saja segera terwujud, Indonesia memiliki Mobil Nasional sendiri.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *