Cara baca ukuran ban dan tahun produksi ban

Kawan-kawan apakah kalian sudah mengerti cara membaca ukuran ban dan tahun produksi ban? sebenarnya ini gampang banget kalo sudah mengerti cuman memang kebanyakan dari kita tidak terlalu memperhatikan sebelum saat mau ganti ban.

Ukuran Tinggi Ban, lebar dan diameter ban.
Contoh Ukuran Tinggi dan Lebar Ban Mobil

 

Nah kita mulai dari ukuran ban silahkan liat foto diatas disitu tertulis ukuran ban 195/65 r15 91H nah kita bahas satu persatu.

195 itu adalah ukuran lebar ban dalam milimeter jadi ukuran lebar ban diatas adalah 195mm, 65 itu adalah tinggi ban dalam persentase, jadi lebar ban diatas adalah 65% dari lebar ban tersebut jadi sekitar 126mm, r15 adalah ukuran diameter velg agar ban ini dapat dipasang, jadi ban ini hanya dapat dipasang di velg ring 15 saja. 91 adalah index berat ban ini dapat mengangkat beban, ingat ini hanya kode silahkan liat tabel dibawah utk berat yang dapat diangkut, ingat juga beban ini untuk satu ban jadi kalau beban mobil 1ton maka dibagi 4 jadi beban satu ban 250kg

Ini adalah index kecepatan, artinya ban ini dites sampai kecepatan maksimum sesuai kode kecepetannya, ingat hanya kode ya untuk kecepetannya silahkan cek tabel dibawah.

Tabel Berat Ban dan Kapasitasnya
Tabel perhitungan kapasitas ban mobil
Rating Kecepatan Ban
Rating Kecepatan Ban

Sekarang kita bahas mengenai kode produksi ban silahkan liat foto dibawah, disitu tertulis 0517 yang artinya, 05 adalah minggu dimana ban ini diproduksi jadi ban ini diproduksi di minggu ke 5, 17 adalah tahun dimana ban ini diproduksi jadi ban ini di produksi ditahun 2017.

Kode Pembuatan Tahun Ban
Kode produksi dan penjelasannya

Lalu untuk kadaluarsa ban biasanya semakin kualitas bannya tinggi maka semakin lama waktu kadaluarsanya tapi normalnya waktu kadaluarsa ban adalah 5 tahun setelah ban itu diproduksi. Umur pemakaian ban normalnya adalah 3 tahun atau setelah ban itu menempuh 35ribu kilometer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 3