Baru! Toyota All New Fortuner Bakal Meluncur Akhir Januari 2016

Seperti yang sudah bisa dilihat pada website resmi PT. Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia, agaknya versi baru Fortuner akan segera diluncurkan di Indonesia. Versi baru yang berlabel All New Fortuner ini kemungkinan akan hadir pada pertengahan bulan Januari tahun 2016.

Toyota All New Fortuner

Model yang akan diluncurkan sepertinya merupakan model yang serupa dengan yang telah meluncur di negara tetangga, Thailand dan Australia. TAM sendiri memang belum memberikan spesifikasi lebih detail mengenai mobil satu ini. Jadi, referensi terbaik saat ini adalah versi yang telah dihadirkan lebih dulu di kedua negara tersebut.

Terlihat perubahan total di bagian depan, perubahan desain headlamp dengan hiasan DRL serta LED. Perubahan yang sama juga terlihat pada desain lampu belakang, antena sirip hiut, serta penerapan spoiler atap.

Masuk ke dalam kabin, perhatian tertuju pada ubahan di bagian dashboard. Sebuah layar informasi dengan teknologi touchscreen telah mendukung fitur Toyota Link. Penggunaan warna krom pada ornamen dashboard yang semakin menarik, seperti yang dapat dilihat di bagian bingkai layar informasi, konsol tengah, serta bingkai kisi-kisi AC.

Fortuner terbaru ini juga telah terdaftar di website TPT online milik kementerian perindustrian. Ada dua model yang telah siap dipasarkan di Indonesia.

Pertama adalah Fortuner bermesin diesel VRZ kapasitas 2,4 liter dengan sistem penggerak roda 4×2 (A/T). Kedua, Fortuner mesin diesel G kapasitas 2,4 liter sistem penggerak roda 4×2 (A/T). Namun agaknya, tipe-tipe All New Fortuner yang akan muncul akan lebih dari dua model ini.

Ada kemungkinan Fortuner yang dirilis di Indonesia lebih dari dua model. Berdasarkan versi yang diluncurkan di Thailand, varian paling tinggi bakal mengusung mesin diesel 4 silinder kapasitas 2,8 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 177 dk serta torsi 450 Nm.

Mesin 2,4 liter seperti yang terdapat pada Toyota Kijang Innova tipe Q, kemungkinan akan ditanamkan pula pada salah satu tipe All New Fortuner. Prediksi ini masuk akal bila mengingat besaran torsi yang mampu diluapkan mesin ini, yaitu 400 Nm.

Satu tipe lagi yang mungkin akan muncul adalah All New Fortuner dengan mesin 4 silinder kapasitas 2,7 liter. Mesin dengan kemampuan menghasilkan daya 122 dk dengan torsi 245 Nm ini akan menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi tipe-tipe yang tersedia untuk Toyota All New Fortuner.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *