Barang Lokal Anti Mahal – Mahal Club

Barang Lokal – Dalam beberapa kondisi tertentu, barang lokal mungkin masih dianggap sebelah mata, namun dalam Kolom TKB kali ini, tim TKB Group akan memberikan alasan yang kamu gak bisa bantah soal produk lokal. Simak pembahasan kami.

  • Kondisi

Per September 2018, gerakan mata uang Dollar Amerika Serikat mencapai 14.710 pada nilai tukarnya terhadap mata uang Rupiah. Namun, ada beberapa pihak yang diuntungkan ketika mata uang asing meningkat nilai tukarnya, salah satunya pengusaha produk lokal. Alasan produk lokal menjadi pilihan disaat harga Rupiah melemah dikarenakan semua komponen dari produk tersebut  dibuat, dirakit dan dijual di dalam negeri dengan menggunakan mata uang dalam negeri. Jadi biar Dollar naik, harga jual produk lokal tidak naik seperti produk impor.

  • Pahlawan devisa

Selain pengusaha produk lokal, pihak lain yang diuntungkan ketika harga Dollar naik adalah biro perjalanan domestik (Travel Agent). Biro perjalanan domestik mendapat keuntungan dari banyaknya wisatawan mancanegara yang memanfaatkan Rupiah melemah dengan berlibur ke Indonesia. Selain tempat wisata menjadi terkenal, ramainya pengunjung mancanegara membuat devisa meningkat.

  • Gak kalah kualitas

Beberapa nama produk lokal tentunya sudah mampu bersaing baik domestik maupun internasional. Selain karena kreativitas yang tidak terbatas, banyak dari pengusaha lokal mengambil referensi dari internet. Globalisasi yang hadir lewat internet membuat pengusaha lokal meningkatkan kualitas dalam produknya untuk bersaing di level internasional. Dalam rangka meningkatkan kualitas, TKB Group Indonesia melakukan kunjungan ke salah satu gelaran modifikasi terbesar di Asia Tenggara, Bangkok Auto Salon. Kunjungan TKB Group di Bangkok Auto Salon merupakan salah satu program “Studi Banding” untuk meningkatkan kualitas produk mereka agar bisa bersaing di kancah internasional. HSR Wheels sebagai produk lokal tentunya akan ditingkatkan terus kualitasnya agar bisa bersaing di level internasional. Untuk laporan dari kunjungan TKB Group Indonesia bisa kamu tonton juga di laman Youtube TKB Group Indonesia.

Penulis : Fauzan Perdana

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *