Avanza Sang Juara dan Nasib Xpander Seperti Mobilio?

Toyota Avanza memang sedang bertarung keras dengan Mitsubishi Xpander. Menjelang penghujung tahun 2018 ini, tampaknya Avanza mulai mencuat sebagai jawaranya. Setidaknya sejak Oktober, Avanza kembali menempati puncak penjualan mobil terlaris di Indonesia. Posisi yang selama 14 tahun terakhir ini terus didominasi oleh Avanza kini berusaha diklaim kembali. Sepertinya Avanza tidak akan merelakan begitu saja predikat ‘mobil terlaris’ di Indonesia kepada merek yang lain.

Kalau sampai di tahun 2018 ini Avanza kembali merengkuh predikat tersebut, genap sudah 15 kali Avanza menorehkan catatannya dalam sejarah otomotif Indonesia. 15 tahun tak ada yang dapat mengganggu posisi Avanza. Walaupun demikian, pertarungan 2018 bukan dilalui tanpa “berdarah-darah”. Sekalipun jumlah penjualan Avanza masih tetap menempati posisi yang pertama, bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, penjualan Avanza turun cukup signifikan.

Pada tahun 2014, penjualan Avanza sampai sanggup menembus angka 162.070 unit. Tetapi di tahun 2018 ini, capaian Avanza hanya sanggup meraih total penjualan 67.940 unit saja. Betul Xpander tidak menjadi yang nomor satu, tetapi serapan pasarnya tetap saja mengganggu pangsa Avanza. Dalam hal ini, Xpander sebagai pemain yang belum lama merumput dapat dikatakan cukup berhasil.

Memang kita belum tahu bagaimana nasib Xpander ke depan. Jikalau hanya mengukur kesuksesan pada rentan waktu yang masih belia, tentu itu terlalu jemawa. Sebab, segala sesuatu akan teruji oleh waktu. Hasil penjualan Xpander harus kembali dinilai dalam perjalanannya menuju tahun-tahun yang akan datang. Kalau kita hanya melihatnya lewat capaian penjualan pada tahun pertama, jujur saja, Xpander masih kalah dari Honda Mobilio.

Pada tahun pertama ia diluncurkan (2014), angka penjualan Mobilio sanggup melejit hingga 79.288 unit. Tetapi setelahnya bagaimana nasib Mobilio? Biasa saja. Tidak ada kenaikan angka penjualan yang signifikan. Total penjualan Honda Mobilio hingga Oktober 2018 diperkirakan hanya pada kisaran 20 ribuan unit saja. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah Mitsubishi Xpander akan bernasib serupa?

Demikianlah informasi yang dapat TKB Group Indonesia rangkum dari berbagai sumber. Untuk informasi seputar dunia otomotif Tanah Air, velg HSR Wheel, dan ban Accelera, ikuti selalu ulasan terbaru di situs dan Instagram kami @tkbgroupindonesia.

Salam, TKB Group Indonesia.

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *