Auris Cross Compact SUV Toyota CH-R Baru Besutan Toyota Siap Mengaspal Tahun 2016

Auris Cross Compact SUV Toyota CH-R Baru Besutan Toyota Siap Mengaspal Tahun 2016 Persaingan segmen Crossover SUV tampaknya akan semakin ketat. Keberadaan mobil-mobil seperti Nissan Juke, Honda HR-V, Suzuki SX4 S-Cross, atau Mitsubishi Outlander akan semakin ramai dengan besutan baru Toyota. Tidak cukup dengan Crossover SUV seperti Rush, Etios Cross, atau RAV4, Toyota akan kembali menghadirkan mobil di segmen yang sama, yang dikabarkan didasarkan pada model CH-R, yang akan dinamai sebagai Toyota Auris Cross. Auris Cross Compact SUV Toyota CH-R Baru Besutan Toyota Siap Mengaspal Tahun 2016

Toyota CH-R sendiri merupakan mobil konsep Toyota yang ditampilkan di Paris Motor Show tahun 2014. Tahun 2015 di Frankfurt Motor Show, terungkap bahwa mobil ini akan diproduksi dengan desain yang tidak jauh beda dengan versi konsepnya.

Ini dia mobil konsep Toyota CH-R yang akan berganti nama menjadi Auris Cross pada versi produksinya.

Auris Cross Compact SUV Baru Besutan Toyota

Jika benar begitu, versi produksi Toyota CH-R akan menjadi pesaing baru Nissan Juke. Bukan apa-apa, tampilan versi konsepnya mirip dengan Crossover Nissan tersebut. Wajar bila para pengamat otomotif berspekulasi kalau Auris Cross akan tampil untuk mengerem laju penjualan Juke.

Toyota sendiri sudah memberikan konfirmasi, versi produksi CH-R ini akan hadir di Geneva Show tahun 2016. Yang akan menjadi perbedaan utama versi konsep dengan versi asli adalah sepasang pintu belakang. Ini menjadi sinyalemen bahwa ia akan semakin seperti Juke dan mungkin saja akan ditawarkan sebagai mobil penumpang 5 pintu.

Auris Cross Compact SUV Toyota CH-R Baru Besutan Toyota Siap Mengaspal Tahun 2016

Mobil ini akan diproduksi berdasarkan platform Toyota New Generation Architecture, yang telah dimulai sejak debut generasi terbaru Prius pada Frankfurt Motor Show. Banyak bagian dari desain yang ditampilkan di Frankfurt akan tetap dipertahankan pada Auris Cross, seperti desain permukaan body yang rumit. Begitu juga, bagian atap belakang yang melandai untuk memberikan efek lebih sporty juga akan dipertahankan.

Belum ada kabar dari Toyota, apakah mobil ini akan dijual secara global, selain di Eropa. Sementara ini, pasar utama yang ditargetkan Toyota untuk penjualan mobil ini adalah Eropa. Eropa memang surga bagi pabrikan mobil mini Crossover. Minat terhadap mobil ini meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Di pasar ini, mobil yang agaknya harus waspada dengan kedatangan Auris Cross adalah mobil seperti Ford Kuga atau Nissan Qashqai.

Kemungkinan Modifikasi Velg Mobil Toyota Auris Cross

https://youtu.be/Kw6u4uTCdsM

Meski belum bisa dipastikan berapa diameter velg bawaannya nanti, yang pasti tidak akan sebesar seperti saat ditampilkan di Frankfurt Motor Show. Jika tampilan mirip Juke ini masih dipertahankan, ada kemungkinan ia akan menggunakan pelek standar yang sama dengan Juke, yaitu ring 17 inci.

Lagipula, ukuran 17 inci terbilang umum untuk mobil-mobil Crossover/SUV. Sebut saja di antaranya Nissan Juke, Mitsubishi Outlander, atau Honda HRV.

Merujuk penggunaan pada mobil-mobil sejenis, Auris Cross kemungkinan akan dapat dipasangi velg besar berukuran 20 atau 22 inci. Sebagai perbandingan, bisa lihat juga beberapa artikel mengenai modifikasi mobil di segmen SUV / Crossover:

Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Ilmu Dakwah & Ilmu Komunikasi. Digital Marketer di PT.Visi Media Tara, PT.Setara Media & TKB Group Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *