5 Desain Velg Paling Terkenal

Bisa dibilang, jumlah desain palang velg mobil tidak jauh berbeda dengan jumlah seri velg yang pernah dibuat. Setiap kali sebuah produsen velg mengeluarkan sebuah seri pelek, akan selalu ada keunikan tersendiri dalam desain tersebut.

Dirunut dari sejarahnya, perkembangan pesat dalam desain palang pelek mobil terjadi sejak tahun 1960-an. Pesatnya perkembangan ini dipicu oleh beberapa faktor seperti perkembangan teknologi casting, pembuatan desain velg mobil dengan CAD (computer aided design), dan perubahan dalam gaya dan selera modifikasi pelek mobil.

Perkembangan desain velg menjadi semakin personal karena saking banyaknya desain tersebut. Dunia otomotif melihat perkembangan desain velg dari desain palang 5 yang klasik ke desain yang lebih ‘liar’ seperti palang pola Y atau pola wajik/berlian.

Tapi kalau dilihat lebih jeli, desain palang velg bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Tentu saja, kategori-kategori tersebut merupakan desain-desain yang paling umum ditemukan di pasaran pelek. Apa saja? Mari kita singgung satu persatu.

5 Desain Velg Paling Terkenal

  1. 5 spokes (Palang 5)

Barangkali, inilah desain palang velg mobil yang paling terkenal dan klasik. Sangat mudah menemukan mobil dengan velg berpalang 5. Variasi desainnya juga sangat banyak, mulai dari pola bintang, palang tebal, hingga pola turbin/kipas.

DSCN5155
Contoh velg palang 5 pola bintang
  1. 6 spokes (Palang 6)

Di samping desain palang 5, velg mobil berpalang 6 juga termasuk umum ditemukan. Misalnya, pada desain velg TE37 dari Rays Volk Racing. Seperti halnya desain 5 spokes, desain palang 6 ini juga biasa diterapkan pada velg standar bawaan.

TE37 ULTRA JD163 HSR RING16X7 H8X1000-114,3 ET42 SEMI MATTE BRONZE MACHINE RING + WORDS (7)
Desain TE37, contoh 6 spokes
  1. Diamond spoke (pola wajik/berlian)

Istilah lain yang mungkin lebih dikenal adalah desain mesh. Bicara soal desain satu ini akan dengan mudah mengingatkan pada sebuah merek velg yang telah lama malang-melintang di dunia balap dan velg aftermarket. Ya, desain wajik/berlian/mesh sangat identik dengan BBS. Ciri khas desain ini terdiri dari sejumlah besar jari-jari miring yang saling menyilang sehingga membentuk pola wajik. Pola ini juga disebut dengan pola jaring/jala (web). Variasi lain untuk ada desain velg yang membentuk huruf Y.

BBSsuperRS.G
Ini salah satu desain mesh yang legendaris
  1. Split-spoke

Split-spoke berarti palang terpisah. Desain ini disebut juga double spoke (palang ganda) atau twin spoke (palang kembar). Misalnya sebuah desain yang disebut dengan 5 split spoke, berarti velg mobil tersebut memiliki 10 palang yang pada prinsipnya menerapkan pola palang 5. Cukup mudah mengetahui sebuah velg memiliki desain split atau tidak. Kalau ada dua palang yang saling berdekatan dan polanya terus berulang di seluruh palang, berarti velg berdesain split. Sebagai contoh, desain RPF1 dari Enkei yang merupakan 6 split spokes.

RPF01 HSR JD109 RING16X7 H5X114,3 ET40 SILVER (5)
Desain RPF1, contoh 6 split spokes
  1. Multi-spokes

Kemajuan dalam teknologi casting maupun penggunaan material alloy pada velg memungkinkan kemunculan pelek mobil dengan jumlah palang lebih dari 5. Mulai dari palang 7, 10, bahkan hingga 18 atau 20 palang. Dari segi fungsi, banyaknya palang memperkuat struktur velg. Desain multi-spoke cukup banyak ditemukan pada merek-merek papan atas seperti Mercedes, BMW, atau Audi.

HSR Y1050 NEW BMW RING18X8 H5X120 ET30 GM LIPS POLISH (2)
contoh desain multi spoke BMW

Pengelompokan di atas tentu saja tidak boleh dianggap mewakili semua desain velg mobil yang ada saat ini. Banyaknya desain velg yang ada saat ini menyulitkan kita melakukan pengelompokan secara pasti. Paling tidak, pengelompokan di atas menjadi salah satu gambaran umum saat seseorang ingin mengganti velg mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

40 − = 33